kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,49   -8,95   -0.95%
  • EMAS1.027.000 -0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Hanya punya Rp 20 juta, ini pilihan usaha franchise yang bisa dilirik


Senin, 11 Oktober 2021 / 06:04 WIB
Hanya punya Rp 20 juta, ini pilihan usaha franchise yang bisa dilirik
ILUSTRASI. Bisnis franchise atau waralaba belakangan menjadi ladang usaha baru bagi masyarakat.


Reporter: kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis franchise atau waralaba belakangan menjadi ladang usaha baru bagi masyarakat. Apalagi, banyak franchise yang membuka kesempatan luas untuk bergabung dengan kemitraan mereka. 

Bisnis franchise sudah populer di Indonesia pada awal 1990-an. Nah, belakangan, peminat bisnis franchise semakin tinggi. Apalagi dalam menjalankan bisnis franchise, investor tidak perlu repot lantaran sudah disiapkan berbagai peralatan hingga bahan bakunya. 

Bicara mengenai besaran modal investasinya, bisnis franchise ada yang dimulai dari belasan juta hingga ratusan juta. Namun untuk yang memiliki modal di bawah Rp 20 juta, bisnis franchise apa yang cocok dikembangkan? 

1. Franchise Chiclin 

Mencoba bisnis franchise Chiclin bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tertarik berwirausaha di sektor kuliner. Rupanya, untuk memulai bisnis ini tak perlu modal yang terlalu besar. Dengan merogoh kocek Rp 8,8 juta, Anda sudah bisa membuka booth Chiclin. 

Chiclin merupakan makanan berbasis Taiwan Street Food yang menawarkan menu daging ayam diiris tipis dengan dibalut tepung, kemudian digoreng dan disajikan dengan cara dipotong, serta diberi bumbu tabur. 

Baca Juga: Lahan Rezeki Linda Yuli Berawal dari Hobi

Dengan dana tersebut, Anda akan mendapatkan bahan baku, booth, perlengkapan masak dan layanan dari team support Chiclin Indonesia. 

2. Franchise Sabana Fried Chicken 

Salah satu merek dagang kuliner produk olahan ayam yang menawarkan skema franchise atau kemitraan yaitu Sabana Fried Chicken. Sabana Fried Chicken menawarkan dua pilihan paket kemitraan sebagai berikut: Modal Rp 22,9 juta. 

Dengan dana tersebut, calon mitra akan mendapatkan gerobak full stainless seharga Rp 8 juta, deep fryer seharga Rp 7 juta, peralatan seharga Rp 1,8 juta, modal bahan seharga Rp 1,7 juta, serta biaya survei dan training Rp 4,4 juta, serta plang Rp 500.000. 

Baca Juga: Inilah strategi Ula mendapat modal super jumbo salah satunya dari Jeff Bezos

Mengutip akun Instagram @sabanaku, berikut alur pendaftaran franchise Sabana Fried Chicken: 

Calon mitra diminta mengakses website www.sabanaku.com atau link bit.ly/FormPendaftaranMitraSabana untuk mengetahui proposal kemitraan

 3. Franchise Dawet Kemayu 

Fanchise Dawet Kemayu juga membuka peluang kemitraan. Syaratnya pelaku usaha hanya perlu menyiapkan modal yang cukup dan KTP. Nantinya kerja sama akan berbentuk kemitraan dengan masa kontrak sampai 3 tahun. 

Setelah 3 tahun, kontrak akan bisa diperpanjang tanpa biaya tambahan lagi. Selain perlengkapan jualan dan atas nama merek Dawet Kemayu, Anda juga akan mendapatkan akses gratis materi marketing untuk mempromosikan dawetmu. 

Materi marketing tersebut akan diperbaharui setiap beberapa hari sekali. Ada 4 tipe paket kemitraan yang bisa kamu ambil untuk bergabung dengan franchise Dawet Kemayu: 

1. Paket Virtual Kitchen 

Paket ini merupakan paket franchise yang paling ekonomis. Biayanya sekitar Rp 3,9 juta. Jika mengambil paket ini, Anda bisa berjualan di rumah saja tanpa harus menggunakan booth di satu tempat khusus. Biasanya mitra Virtual Kitchen akan menjual dawet dalam kemasan botol atau pun Family Pack Series. 

2. Paket Juragan 

Paket ini merupakan paket paling standard, biayanya Rp 7,9 juta. Kamu akan mendapatkan booth standard untuk berjualan, peralatan jualan lengkap seperti cup sealer dan wadah dawet, serta subsidi pengiriman suplai bahan baku ke seluruh Jawa. 

Paket Juragan ini adalah bentuk paket yang paling sering diambil dibandingkan paket Bossman dan Sultan yang biaya modalnya memang lebih mahal. 

Baca Juga: Grup Modalku kantongi pinjaman US$ 18 juta dari impact investor Jepang dan Singapura

3. Paket Bossman 

Ketiga adalah paket Bossman. Paket ini biayanya Rp 11,9 juta dan kamu bisa mendapatkan fasilitas yang sangat lengkap. Paket sudah termasuk booth semi premium dan neon box, peralatan jualan lengkap, serta subsidi pengiriman suplai bahan baku ke seluruh Jawa. 

4. Paket Sultan 

Terakhir adalah paket Sultan dengan biaya Rp 14,9 juta. Fasilitasnya sama saja dengan paket Bossman, hanya saja booth yang didapatkan adalah booth premium ditambah neon box. 

Tak itu saja, kamu juga akan mendapatkan fasilitas iklan tambahan dari iklan di Facebook dan Instagram Story. 

Cara Daftar Jika tertarik untuk bergabung, kamu bisa cari tahu lebih lanjut di akun Instagram @dawetkemayu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Punya Uang Rp 20 Juta, Enaknya Franchise Apa?"
Penulis : Elsa Catriana
Editor : Bambang P. Jatmiko

 

Selanjutnya: Media bisa mempersatukan peluang pengembangan UMKM

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×