kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Impact Report Hacktiv8 Catat 93% Lulusan Dapat Pekerjaan kurang dari Tiga Bulan


Selasa, 11 April 2023 / 18:14 WIB
Impact Report Hacktiv8 Catat 93% Lulusan Dapat Pekerjaan kurang dari Tiga Bulan
ILUSTRASI. Impact Report Hacktiv8 Catat 93% Lulusan Dapat Pekerjaan kurang dari Tiga Bulan


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hacktiv8, pionir coding bootcamp intensif di Indonesia, hari ini meluncurkan “2022 Outcomes and Impact Report”, yang merangkum misi, perjalanan, prestasi, dan dampak perusahaan bagi masyarakat luas. Misi utama Hacktiv8 adalah menjembatani kekurangan talenta teknologi di Indonesia. 

Pasalnya, menurut World Bank, Indonesia masih akan membutuhkan tambahan 9 juta pekerja di bidang IT pada tahun 2025-2030. Data saat ini menunjukkan bahwa hanya 16% lulusan ilmu komputer yang berhasil memasuki dunia kerja sebagai developer

Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan antara kebutuhan industri teknologi dengan kapasitas tenaga kerja yang ada di pasar, terutama disebabkan oleh kurikulum pengajaran ilmu IT yang kurang update dan masih konvensional. Oleh karena itu, banyak lulusan IT masih membutuhkan pelatihan ekstra untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan dunia kerja.

Hacktiv8 hadir menawarkan pelatihan IT bagi masyarakat umum dari berbagai latar belakang dan menyalurkan tenaga IT siap kerja langsung ke berbagai perusahaan untuk menghadapi hal tersebut. Kurikulum coding bootcamp disesuaikan dengan kebutuhan industri teknologi dan Hacktiv8 telah bekerja sama dengan lebih dari 800 hiring partners untuk menyalurkan lulusan mereka. 

Baca Juga: Broom Makin Ngebut di Bisnis Mobil Bekas

Hasilnya, lulusan Hacktiv8 tersebar di semua startup unicorn, perusahaan telekomunikasi, dan startup yang telah menerima pendanaan seri-B di Indonesia. 

Sejak berdiri pada tahun 2016, Hacktiv8 telah meluluskan total sekitar 1.700+ lulusan full-time bootcamp per Desember 2022. Berdasarkan angka tersebut, 93% di antaranya berhasil mendapatkan pekerjaan di bidang IT dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan, dan mencatatkan kenaikan gaji rata-rata 84% dibandingkan pekerjaan sebelumnya. Lulusan Hacktiv8 juga mencatatkan gaji tahunan sebesar Rp 130 juta, atau 40% lebih tinggi dari standar rata-rata industri. 

“Kesuksesan Hacktiv8 dapat disandingkan dengan kesuksesan dari para siswa dan lulusan bootcamp kami. Karena itu, kami senantiasa membantu siswa dan lulusan untuk mendapatkan kesempatan berkarir yang terbaik. Di sisi lain, kami juga membantu para hiring partners untuk mendapatkan talenta IT yang ulet dan berkualitas tinggi. Kami percaya bahwa skema ini efektif dalam menjawab tantangan kekurangan tenaga kerja IT yang dihadapi Indonesia,” ungkap Ronald Ishak, Co-Founder dan CEO Hacktiv8.

Hacktiv8 juga menjadi coding bootcamp pertama di Indonesia yang menyediakan Income Share Agreement (ISA) atau Skema Bagi Hasil. Semua orang berkesempatan untuk mengikuti coding bootcamp dan membayar biayanya di kemudian hari dengan program ISA. 

Hal ini akan mempermudah masyarakat Indonesia untuk meraih pendidikan IT tanpa terhalang beban biaya yang berat di awal. Pembagian pendapatan sebesar 20% dengan Hacktiv8 diaktifkan setelah siswa lulus dan mendapatkan pekerjaan, sehingga bisa membayar kembali biaya bootcamp serta tanpa dibebani bunga. 

Program ISA diluncurkan pada tahun 2019, Hacktiv8 telah membantu lebih dari 840 siswa dengan rata-rata lulusan dapat melunasi pembayaran dalam waktu 30 bulan. Hacktiv8 juga telah menyalurkan total ISA senilai kurang lebih Rp 40 miliar untuk membantu semakin banyak generasi muda di Indonesia mengakses pendidikan IT yang terjangkau dan bertransformasi menjadi talenta digital siap-kerja.

Baca Juga: Perusahaan Startup Aruna Kirim 15 Ton Daging Rajungan ke Pasar China

Para siswa bisa memilih di antara 3 bootcamp intensif, yakni di bidang JavaScript, Data Science, dan Performance Marketing, atau program paruh-waktu, seperti Intro to Python, Web Service with Golang, dan React & React Native Basic. 

“Kami sangat bangga melihat perjalanan panjang Hacktiv8 yang terangkum dalam ‘2022 Outcomes dan Impact Report’ ini. Kami percaya bahwa Hacktiv8 dapat terus berkarya dan memberikan dampak positif yang luas bagi kemajuan bangsa Indonesia. Di tahun 2023 ini, target kami adalah menciptakan lebih dari 2.600 kesempatan bekerja, meluluskan 2.700 lulusan full-time bootcamp, dan menambah hiring partners kami menjadi 1.000 partners,” ucap Ronald. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×