kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,67   -0,77   -0.08%
  • EMAS935.000 1,08%
  • RD.SAHAM 0.83%
  • RD.CAMPURAN 0.50%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Inovasi tiada henti menjadi kunci sukses Dtech Engeneering


Sabtu, 03 April 2021 / 08:10 WIB
Inovasi tiada henti menjadi kunci sukses Dtech Engeneering

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Inovasi merupakan salah satu faktor penentu bagi dunia usaha. Tak jarang, keberadaan inovasi ini bisa membuat usaha yang dirintis malah bisa terus berkembang hingga saat ini.

Inilah yang terjadi pada Dtech Engineering, sebuah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang mengkhususkan diri pada usaha desain dan produk teknik atau engineering. Usaha yang berbasis di Salatiga, Jawa Tengah tersebut didirikan oleh Arfi'an Fuadi.

Meski hanya jebolan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), rasa ingin tahu Arfi'an yang besar dan kemauan berinovasi tanpa henti di bidang desain teknik dan produk, menjadi kunci Dtech Engineering bisa eksis hingga kini.

Usaha yang didirikan Arfi'an tahun 2009 itu kini sudah mengerjakan sebanyak 300 proyek. Yang terbilang fenomenal adalah sebagian besar proyek tersebut dari 150 mitra bisnis yang berasal dari 30 negara. Artinya, sebagian besar proyek Dtech berasal dari pasar global.

Beragam proyek prestisius yang pernah digarap Dtech Engineering. Ada proyek pengerjaan teknologi drone, kemudian kereta api, hingga komponen pesawat terbang.

Logo Jagoan Lokal Joglo Semar

Dtech meraih semua hasil ini berkat kerja keras, kemauan belajar dan berinovasi di bidang desain teknik secara terus-menerus. Bersama timnya, Arfi'an berupaya memunculkan ide dan gagasan baru di bidang desain teknik.

Modal inilah yang membuat Dtech Engineering begitu mudah menggapai pasar. Apalagi sebagai perusahaan yang berbasis teknologi, Dtech pada awal usahanya juga langsung memanfaatkan teknologi digital untuk menjangkau pasar.

Nah, sewaktu memulai usaha,  Arfi'an memanfaatkan situs crowrd sourcing, sebuah keputusan yang tepat. Dari situs tersebut, Dtech bisa langsung mendapatkan klien atau mitra bisnis perdana. Bahkan klien pertama Dtech tersebut langsung berasal dari luar negeri yakni Jerman.

Klien perdana Dtech ibarat pembuka jalan bagi perusahaan ini untuk bisa mendapatkan klien atau mitra bisnis selanjutnya.

Selanjutnya: Bangga Buatan Indonesia: Membawa Perak Kotagede Menembus Negeri Paman Sam

 




TERBARU

[X]
×