kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kedai Sayur menjadi pemasok sayuran bagi pedagang keliling


Sabtu, 15 Juni 2019 / 12:45 WIB
Kedai Sayur menjadi pemasok sayuran bagi pedagang keliling


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu sumber mendapatkan ragam produk segar seperti sayuran, buah-buhan, ikan dan lainnya berasal dari para pedagang sayuran keliling. Mereka lah yang kerap kali berkeliling di setiap perumahan atau kampung menjajakan ragam produk sayuran dan yang lainnya.

Tak pelak, keberadaan pedagang sayuran keliling menjadi salah satu tumpuan para ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan sayuran, bahan lauk-pauk, bumbu-bumbuan dan lainnya dengan cepat dan mudah. Tanpa perlu bersusah payah mencari produk tersebut hingga ke pasar tradisional.

Persoalannya, acap kali para pedagang sayuran tersebut mengalami kesulitan dalam mendapatkan bahan baku sayuran dan produk yang lainnya. Ada rantai yang berliku yang membuat produk yang dijajakan si pedagang sayuran keliling kalah bersaing, baik itu dari sisi kesegaran maupun harga dengan pedagang sejenis yang mendirikan kios sendiri atau yang ada di pasar tradisional.

Persoalan ini pun langsung ditangkap oleh Adrian Hernanto. Ia pun mencoba menawarkan aplikasi yang memudahkan para pedagang sayur untuk bisa mendapatkan sayuran dan sejenisnya langsung dari para petani tanpa melalui rantai distribusi yang panjang. Artinya harga yang didapat si pedagang sayur keliling bisa bersaing dengan pedagang sejenis.

Akhirnya, ia mendirikan Kedai Sayur yang sudah beroperasi pada tahun lalu. Agar bisa menarik minat pedagang sayur, dirinya sudah menggandeng lima mitra petani yang tersebar di beberapa lokasi di area Jawa Barat.

Hasilnya pun langsung terlihat. Hingga kini, Kedai Sayur sudah menjaring sebanyak 2.000 pedagang sayuran keliling yang disebut mitra sayur yang tersebar di sekitar Jakarta. "Permintaan mitra sayur terus meningkat hingga 60% setiap bulannya. 80% mitra secara aktif menjual produk mereka dan pertumbuhan total nilai penjualan lewat Kedai Sayur mencapai lima kali lipat dalam empat bulan terakhir," kata Adrian yang menjabat sebagai Chief Executive Officer Kedai Sayur, kepada KONTAN belum lama ini.

Dengan hasil ini, ia berupaya mengembangkan bisnis Kedai Sayur. Misal memperbanyak pasokan sayuran dan sejenisnya ke mitra sayur dengan memakai kedai on mobile (Komo), yakni kendaraan roda tiga untuk berjualan sayur. Ada dana pinjaman bagi mitra sayur yang berminat.

Tampaknya ekspansi bisnis ini bakal lancar karena Kedai Sayur baru saja mendapat suntikan dana awal US$ 1,3 juta dari East Ventures belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×