kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Makin marak marketplace umrah dengan ragam layanan


Jumat, 31 Mei 2019 / 13:05 WIB
Makin marak marketplace umrah dengan ragam layanan


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Permintaan ibadah umrah terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi ini menjadi peluang bagi pengusaha untuk menyediakan jasa layanan perjalanan ibadah umrah.

Nah, saat pengusaha ramai masuk ke bisnis perjalanan ibadah umrah, menjadi peluang baru bagi aplikasi digital untuk menyediakan marketplace bagi mereka. Aplikasi ini menyediakan informasi seputar layanan umrah, seperti yang dilakukan oleh Umroh.com.

Aplikasi ini menyediakan layanan bagi biro umrah termasuk haji, juga sejumlah biro wisata rohani. Sebelumnya, aplikasi baru tampil via website. Tapi mulai Senin (27/5) Umroh.com sudah menyediakan aplikasi versi mobile bagi android dan iOS.

Ridho Irawan, salah pendiri Umroh.com menjelaskan, layanan aplikasi mobile agar memudahkan calon jamaah sebelum keberangkatan. "Calon jamaah bisa aktivasi simcard sebelum keberangkatan untuk mempermudah layanan," katanya, Senin malam (27/5).

Sebab, di fitur mobile ini jamaah umrah bisa mengecek persyaratan sebelum keberangkatan. Bahkan Umroh.com sedang menyiapkan layanan pengurusan paspor secara online.

Ridho ingin, tambahan gitur layanan yang makin komplit, mampu menarik mitra bisnis lebih banyak. Saat ini Umroh.com mengklaim sudah punya 30 mitra biro umrah. Para mitra ini sudah terdaftar sebagai penyelenggara ibadah umrah resmi di Kementerian Agama.

Mitra ini akan terus bertambah, lantaran saat ini ada lebih dari 100 biro umrah sedang dalam proses pemeriksaan sebelum bergabung dengan Umroh.com.

Paket umrah yang ditawarkan di Umroh.com sendiri beragam. Tarif termurah Rp 25 juta. Dari tiap transaksi di Umrah.com, start up ini mengutip komisi 3%–5% dari harga paket, yang setara Rp 1 juta sampai Rp 2 juta.

Kholifah Nuzulia Firadausy, Head of Commercial Umroh.com menargetkan bisa menjaring rerata 100 jamaah umrah per bulan. "Pada momen Ramadan ini, permintaan bisa melonjak 25%," tuturnya.

Selain Umroh.com ada pemain lain di marketplace penyelenggara ibadah umrah, yakni Ihram Asia. Menurut Robbi Basksoro, Chief Executive Officer Ihram Asia, saat ini sudah berhasil menggendeng lebih dari 200 biro umrah dan travel.

Ihram Asia mengklaim rata-rata dalam setahun ada satu juta transaksi atau pemberangkatan umrah lewat marketplace ini. Calon jamaah bisa langsung via www.ihram.asia.

Memang biro umrah ini juga menawarkan paket wisata lainnya, seperti ke Turki, Dubai dan lainnya. Hanya, Robbi tidak memperinci target bisnis tahun ini.

Ia hanya berharap, permintaan paket umrah terus tumbuh. "Apalagi saat bulan Ramadan ini yang kerap ramai," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×