kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Melalap untung dari kemitraan toko alat setrum


Kamis, 31 Maret 2011 / 14:15 WIB
Melalap untung dari kemitraan toko alat setrum
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat menghadiri Rapat Paripurna DPR yang mengesahkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No 1/2020 menjadi Undang-Undang, Selasa (12/5)


Reporter: Mona Tobing | Editor: Tri Adi

Listrik tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia saat ini. Hampir setiap perkakas rumah tangga membutuhkan aliran daya listrik untuk bisa berfungsi. Karena itu, perkakas yang berhubungan dengan listrik atau produk elektrikal selalu dibutuhkan masyarakat.

Perkembangan pembangunan terutama properti, seperti perumahan dan perkantoran juga meningkatkan kebutuhan akan produk-produk kelistrikan ini. Peluang inilah yang disasar PT Cakrasemesta Abadi Sejahtera dengan menawarkan waralaba toko elektrik, Toserba Elektrik.

Perusahaan ini tidak hanya berbisnis alat-alat elektrikal seperti lampu, namun juga menjual berbagai peralatan elektronik, alat-alat bengkel hingga pompa mesin. "Mulai alat listrik umum, lighting, tool, pompa, stabilizer UPS, genset hingga CCTV System semua tersedia di Toserba Elektrik," papar Tan Eliezar, Managing Director Toserba Elektrik.


One stop shopping

Tan mengatakan, perusahaannya sebenarnya sudah mulai berbisnis dalam bidang pengadaan produk elektrik sejak tahun 1995. Namun baru di awal 2011 ini mereka menawarkan kemitraan.

Kemitraan yang mereka tawarkan berupa usaha penjualan dengan one stop shopping alat-alat listrik. Keunggulan tokonya adalah kelengkapan peralatan elektrik yang dijual. Selain lengkap, Tan mengklaim, toko serba ada ini juga hanya menjual produk berkualitas dan mengikuti tren yang berkembang. Harganya juga sangat terjangkau karena menyesuaikan harga pasaran.

Tak hanya menyasar pembeli perorangan, Toserba Elektrik juga membidik kontraktor mekanik dan instalasi listrik, kontraktor bangunan sipil, pabrik-pabrik hingga pasar tradisional atau mini market. "Pasarnya luas dan produk listrik tidak mengenal masa kadaluarsa," kata Tan berpromosi.

Tak hanya lengkap dari produk yang dijual, produk impor yang disediakan juga komplit. Toserba Elektrik menyediakan perangkat listrik asal Cina, Amerika, Italia, Jerman hingga produk lokal. Bahkan kata Tan, calon pembeli juga bisa memesan produk dari negara mana saja.

Membuka tawaran kemitraan untuk pertama kali, Tan mengaku optimis Toserba Elektrik akan banyak dilirik orang. Ia menawarkan kemitraan dalam tiga paket pilihan investasi. Pertama, Paket Silver dengan investasi Rp 150 juta. Kedua, Paket Gold dengan investasi Rp 200 juta; dan ketiga, Paket Diamond dengan investasi Rp 250 juta.

Perbedaan ketiga paket tersebut adalah bonus produk barang yang akan didapat. Untuk seluruh paket yang akan mendapatkan fasilitas berupa tempat usaha berlantai kayu dan CCTV System. Namun untuk Paket Gold dan Diamond akan mendapat tambahan produk seperti, produk-produk contractor suplier.

Dengan tambahan ini, mitra akan mendapat izin untuk bermain dalam proyek ataupun tender kelistrikan partai besar. "Perhitungan kami balik modal dalam 6 bulan, sebab tidak ada biaya royalti," katanya. Balik modal akan tercapai seperti asumsi jika omzet mencapai Rp 40 juta sebulan.

Namun, Konsultan wirausaha Khoerussalim Ikhsan pesimistis usaha penjualan produk elektrik menjadi bisnis yang bagus. Sebab, "Terbatas pada segmen tertentu," katanya. Menurutnya, bisnis ini mampu bertahan di kota besar tapi tidak di wilayah pedesaan. Karena itu, ia berharap Toserba Elektrik mampu menghadirkan sesuatu yang unik. Sebab, "Produk mereka akan mudah didapat di pasar, sehingga usaha tersebut akan mudah ditiru," tandasnya.

Toserba Elektrik
Jl. Walang Baru IV Blok A No 6,
Tugu Koja, Plumpang, Semper,
Jakarta Utara
Tel : 085965810000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×