kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Melirik peluang bisnis perawatan tubuh


Kamis, 10 Januari 2013 / 13:46 WIB
Melirik peluang bisnis perawatan tubuh
ILUSTRASI. Siswa, ini tugas-tugas proktor pada pelaksanaan Asesmen Nasional 2021. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.


Sumber: Kontan 10/1/2013 | Editor: Havid Vebri

Bisnis jasa perawatan tubuh belum surut. Terbukti, gerai-gerai perawatan tubuh, seperti salon dan spa kini makin menjamur.  Salah satu pemain di bisnis adalah Susi Yanti (30 tahun) yang mengusung merek Nel'S Day Spa di Magelang, Jawa Tengah.

Berdiri April 2009, Nel's Day Spa resmi menawarkan kemitraan pada 2010. Saat ini, Nel's Day Spa memiliki dua mitra berlokasi di Temanggung dan Wonosobo, Jawa tengah.

Dalam kerjasama kemitraan ini, Nel's Day Spa menawarkan paket investasi senilai Rp 150 juta. Mitra akan mendapatkan bahan promosi berupa brosur dan banner, empat orang terapis, dan produk perawatan tubuh serta rambut.

Perlengkapan lain, seperti mebel dan renovasi tempat, harus disiapkan sendiri oleh mitra. Menurut estimasi Susi, mitra bisa mendapatkan omzet sekitar Rp 35 juta hingga Rp 40 juta dalam sebulan. Adapun laba bersihnya sekitar 40% dari omzet.

Dengan biaya royalti sebesar 5% dari omzet bulanan, mitra diprediksi mencapai titik impas setelah setahun menjalani usaha.
Selain gaji karyawan, biaya operasional banyak tersedot buat membeli produk perawatan tubuh, seperti lulur, scrub, rempah, dan masker. Porsinya 15% dari omzet.

Mitra yang ingin bergabung wajib menyiapkan ruangan seluas 150 meter persegi. Tepat seluas itu bisa disekat menjadi tiga ruang perawatan. Susi menyarankan agar mitra mencari lokasi berupa rumah, bukan ruko atau kios.

Alasannya, suasana rumah sudah menjadi ciri khas Nel's Day Spa. “Kami mau pengunjung merasa senyaman mungkin, seperti berada di rumah sendiri,” katanya.

Nel's Day Spa menawarkan berbagai layanan perawatan rambut dan tubuh. Untuk perawatan tubuh terdiri dari layanan spa, sauna, ratus, totok vagina dan payudara, dan facial. Semua layanan ini dikhususkan bagi perempuan.

Di luar itu, ada juga layanan perawatan rambut yang bisa dinikmati, baik oleh perempuan maupun laki-laki dari pelbagai usia. Susi mematok tarif layanan mulai Rp 25.000-Rp 250.000 sekali perawatan.

Menurut Susi, masih sedikit pemain yang menyediakan layanan perawatan tubuh, seperti totok vagina dan totok payudara. Makanya, peluang bisnis ini masih menjanjikan.

Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Anang Sukandar menilai, bisnis jasa perawatan tubuh masih menjanjikan, terutama di kota-kota besar, seperti Jakarta.

Namun, menurut Anang, persaingan bisnis ini juga sangat ketat. Karena itu, pemilihan lokasi sangat penting bagi kelancaran usaha. Lokasi strategis tentu berada di tengah kota. "Problemnya, sewa tempat mahal, apalagi kalau harus menyewa rumah," ujarnya.

Selain lokasi, setiap pemain juga harus gencar melakukan promosi. "Misalnya, gratis 15 menit bagi pelanggan baru yang mau mencoba," ujarnya.  

Strategi ini juga penting buat memperkuat brand. Hal lain yang juga perlu dilakukan adalah menjaga kualitas layanan. Selain keterampilan terapis, kebersihan tempat juga harus diperhatikan. "Seperti kain atau handuk harus  selalu bersih," ujar Anang.

Nel's Day Spa
Jalan Kalinegoro
Ruko Tanjung Baru No. B1,
Magelang, Jawa Tengah
HP: 081215550826

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×