kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45702,42   14,31   2.08%
  • EMAS934.000 -1,06%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Mencuci untung dari layanan bersih-bersih


Sabtu, 06 Juli 2019 / 10:05 WIB
Mencuci untung dari layanan bersih-bersih

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usaha rintisan yang menawarkan layanan jasa pengurusan pekerjaan rumah tangga makin menjamur. Misalnya cuci sofa, springbed, bantal, hingga jok mobil.

Masyarakat berminat menggunakan layanan seperti ini lantaran makin banyak orang sibuk dengan berbagai kegiatan sehingga tak banyak waktu mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti di atas. Salah satu start up yang melihat peluang bisnis ini adalah Ayocucisofa.com. Layanan ini baru tersedia untuk konsumen di Jabodetabek serta sekitar Yogyakarta saja.


Menurut Sri Widodo, pemilik sekaligus Chief Executive Officer Ayocucisofa, fitur layanan yang ada di situs buatannya tergolong lengkap. Tak cuma sebatas layanan mencuci sofa dan sejenisnya, tapi juga ada layanan cuci mobil, motor hingga membersihkan kamar mandi. Selain itu, ia juga sudah memasukkan layanan pembuatan sofa sesuai dengan keinginan konsumen.

Tambahan fitur ini setelah mereka meraih hasil positif sejak beroperasi 2016 lalu. Konsumen yang datang tidak cuma berasal dari pihak individu saja tapi juga kantor perbankan hingga kantor pemerintahan.

Faktor lain yang tidak kalah penting adalah keberadaan mitra bisnis dari Ayocucisofa.com. Saat ini sudah ada delapan mitra bisnis yang bergerak di jasa layanan pencucian sofa dan lainnya. Si mitra juga sudah mempunyai beberapa karyawan lepas sehingga order bisa dikerjakan dengan lancar. Biasanya satu tim layanan ada dua pekerja.

Untuk bisa memberi layanan optimal, Ayocucisofa.com bakal memberikan pelatihan terlebih dahulu kepada para pekerja. Start up ini punya staf yang bertugas sebagai orang penting untuk urusan cuci sofa dan lainnya.

Hasilnya pun tergolong positif, karena dalam sebulan rata-rata start up ini mendapatkan sekitar 100 order sampai 150 order. Jenis layanan yang datang memang beragam, tak cuma sekadar cuci sofa saja tapi juga aneka layanan lainnya seperti yang tertera di situs Ayocucisofa.com. "Biasanya permintaan meningkat sebelum Lebaran," tuturnya.

Sri Widodo tidak merinci omzet yang dia dapat per bulan. Yang pasti, dari hasil pendapatan tersebut ia menerapkan sistem bagi hasil. Sekitar 70% menjadi bagian Ayocucisofa.com. "Sedangkan bagi hasil ke mitra sekitar 30% dari total transaksi yang didapatkan mitra," jelasnya.

Melihat hasil ini, ia pun menargetkan pertumbuhan bisnis dari usaha rintisan ini bisa melonjak hingga dua kali lipat sampai akhir tahun ini. Salah satu upaya untuk bisa mencapai target tersebut adalah dengan memperluas layanan ke beberapa kota.

Salah satu kota yang menjadi incaran ekspansi karena potensial tumbuh adalah Bandung Jawa Barat. "Kami akan ekspansi dalam waktu dekat," katanya.




TERBARU

Close [X]
×