kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mendatangkan artis musik luar negeri lebih menguntungkan


Selasa, 30 Oktober 2018 / 22:03 WIB
Mendatangkan artis musik luar negeri lebih menguntungkan


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Promotor cenderung memilih mendatangkan artis luar negeri. Hal tersebut lantaran keuntungan yang diterima lebih besar, walaupun biaya yang dikeluarkan lebih besar.

Nandi Prodjosemedi, CEO Adhitama Live menyebutkan bahwa keuntungan tersebut berdasarkan mata uang. "Untuk menggaet artis dalam negeri rata-rata dikisaran Rp 150 juta - Rp 200 juta. Sedangkan untuk mendatangkan artis luar negeri paling murah US$ 100 ribu atau setara Rp 1,5 miliar. Jadi otomatis lebih menguntungkan," ujarnya saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (30/10).

Adapun untuk rata-rata margin keuntungan yang diambil promotor sebesar 30% dari total pendapatan. "Tapi margin keuntungan bisa mencapai 50% apabila tiket yang terjual sold out. Angka 30% itu antisipasi promotor jika penonton hanya 70% dari jumlah tiket yang terjual," ujarnya.

Walaupun begitu, ia mengakui bahwa ditengah melemahnya rupiah bisnis promotor semakin tertekan karena membutuhkan modal yang lebih besar. Namun, Nandi menegaskan bahwa dari harga tiket sebisa mungkin tidak dinaikan karena akan mengurangi jumlah penonton.

Menurutnya ada batas atas yang tidak bisa dilewati. Ia bilang untuk acara festival, tiket paling mahal dikisaran harga Rp 1,2 juta - Rp 1,5 juta untuk artis level Maroon 5 atau Bon Jovi. "Jika lewat dari itu, maka penonton akan berkurang hingga 50%," ujarnya.

Karenanya, untuk antisipasi kenaikan tiket, strategi yang diterapkan yaitu melalui memperbanyak sponsor-sponsor.

Selain itu juga ada strategi lain. Yakni dengan membuat konser festival. Karena si artis tidak perlu manggung full, maka biaya si artis bisa terpangkas setengahnya.

Tapi kalaupun bakal mendatangkan artis papan atas, ia sarankan yang sudah minimal empat album dan ada dua lagu hits di masing-masing album. "Konser artis seperti ini bisa sold out," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×