kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menyeruput gurihnya laba dari Arta Baso Tahu Spesial


Sabtu, 20 April 2019 / 10:15 WIB
Menyeruput gurihnya laba dari Arta Baso Tahu Spesial


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Biasanya hidangan bakso dinikmati dengan kuah kaldu daging yang gurih nan hangat. Namun, olahan bakso ternyata bisa dikombinasikan dengan tahu. Namanya pun menjadi bertambah menjadi bakso tahu.

Nah, olahan bakso tahu ini banyak digemari oleh semua kalangan. Bahkan di beberapa kota, seperti Semarang dan Bandung, bakso tahu menjadi salah satu oleh-oleh khas dari daerah tersebut.

Dengan ciri khas tersebut, jajanan asli Indonesia ini memiliki pasar yang luas. Maka, peluang usaha bakso tahu masih menarik untuk digarap.

Peluang inilah yang dilakoni oleh Arta Baso Tahu Spesial asal Bandung. Bisnis bakso tahu besutan Meri Warsita ini berdiri sejak awal 2018 dan baru menawarkan kemitraan pada akhir 2018 lalu. "Sekarang sudah ada tiga gerai milik kami dan dua gerai milik mitra. Semua gerai masih di sekitar Bandung," kata Meri kepada KONTAN.

Kalau ada masyarakat yang berminat, Meri menawarkan paket kemitraan dengan nilai Rp 15 juta. Paket tersebut merupakan paket komplit, artinya mitra bisa langsung siap berjualan.

Dengan modal tersebut, mitra akan mendapat fasilitas satu buah gerobak eksklusif, peralatan usaha lengkap, banner, kemasan, kaos, topi, spanduk, pelatihan karyawan dan bahan baku awal sebanyak 500 buah bakso tahu. "Jadi mitra tinggal menyiapkan tempat saja dan karyawan. Desain gerobak juga kami sediakan beberapa pilihan, mitra bisa memilih sesuai lokasinya," jelas Meri.

Dari segi menu, Arta Baso Tahu Spesial membanderol satu buah tahu bakso Rp 3.000. Namun mitra bisa menentukan harga jual sendiri sesuai dengan kondisinya. Ia sebut, rata-rata harga jual bakso adalah sebesar Rp 2.500 sampai Rp 3.500 per potong. Tak cuma harga satuan, mitra juga bisa menjual harga per paket dengan jumlah 10 buah bakso tahu. "Jadi itu semua tergantung gerainya," ujar Meri.

Ia mengatakan jika satu gerai Arta Baso Tahu Spesial biasanya bisa menjual 150–200 potong per hari. Praktis, rata-rata omzet yang didapatkan sekitar Rp 14 juta–Rp 16 juta per bulan. Laba bersih yang bisa dikantongi mitra sekitar 40%. Maka, prediksi balik modal bisa dicapai dalam waktu empat bulan. "Balik modal bisa lebih cepat kalau mitra tidak perlu sewa tempat," tambah Meri.

Pihak pusat tidak menarik biaya royalti bulanan terhadap mitra. Mitra hanya wajib memasok bahan bakso tahu dari pusat. Bakso tahu bisa dikirimkan dalam bentuk frozen food sehingga bisa tahan sampai sebulan kalau di frezeer. "Tapi kami sarankan maksimal penyimpanan dua minggu saja supaya saat bahan sampai ke konsumen selalu fresh. Untuk menjaga pasokan, mitra bisa pakai sistem stok," jelasnya.

Tahun ini, Arta Baso Tahu Spesial menargetkan membuka hingga 10 gerai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×