kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45784,56   -4,98   -0.63%
  • EMAS937.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.36%
  • RD.CAMPURAN -0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Pandemi tidak menyurutkan niat Xing Fu Tang untuk terus ekspansi


Sabtu, 13 Juni 2020 / 09:40 WIB
Pandemi tidak menyurutkan niat Xing Fu Tang untuk terus ekspansi

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang era kenormalan baru atawa new normal, banyak pebisnis yang mulai mempersiapkan diri untuk kembali menggenjot penjualan, terutama di bidang makanan dan minuman. Sebab, pusat perbelanjaan akan bukan kembali.

Tak ketinggalan dengan PT Pelepas Dahaga Indonesia, pengelola gerai minuman boba dan pemegang master franchise Xing Fu Tang di Indonesia. Memasuki tahun pertama beroperasi di negara kita, Xing Fu Tang yang sudah punya 17 gerai di empat kota besar menambah varian menu. Tentu, yang masih ada kaitannya dengan minuman boba yang menjadi ciri khas gerai minuman ala Taiwan tersebut.

Baca Juga: Ini yang harus dilakukan peritel untuk bantu UMKM di tengah pandemi Covid-19

Vancelia Wiradjdja, Managing Director Pelepas Dahaga Indonesia, menyatakan, pihaknya akan langsung membuat tiga varian minuman boba yang baru, dengan nama panna cotta dessert series, yakni brown sugar boba, pink boba with strawberry compote, dan pink boba with mango compote. Harapannya adalah, ketiga menu anyar tersebut bisa membuat pilihan di gerai Xing Fu Tang lebih beragam lagi. Dan tentu saja, dapat menambah pendapatan dari masing-masing gerai. 

Baca Juga: Mau bisnis kopi dan boba sekalian, bisa jajal di Boros Boba & Coffee

Maklum, selama masa pandemi Covid-19, apalagi saat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), penjualan minuman di Xing Fu Tang tergerus amat dalam. Menurut Vancelia, penurunan penjualannya hingga 90%. "Selama PSBB, gerai minuman kami sempat tutup, dan saat kembali buka, penurunannya mencapai 90%," katanya kepada KONTAN, Jumat (12/6).

Nah, saat mulai beroperasi inilah, Vancelia menerangkan pihaknya mulai menerapkan strategi yang sudah banyak pebisnis lakoni, terutama kalangan pelaku UMKM makanan dan minuman. Di masa pandemi virus korona baru, penjualan Xing Fu Tang mulai mengandalkan pemesanan secara digital, lantas layanan take away dan lainnya. Hasilnya, tergolong lumayan. Lambat laun, penjualan Xing Fu Tang mulai merangkak naik hingga 40% dari sebelumnya.   

Dengan strategi penjualan tersebut dan tambahan menu anyar, Vancelia berharap, penjualan di gerai Xing Fu Tang bisa berangsur pulih. "Target kami, selama pandemi ini bisa recovery 50%," ujar Vancelia.

Selama satu tahun beroperasi, Vancelia menyebutkan, pihaknya sudah menjual dua juta cup minuman. Melihat hasil yang apik tersebut, tahun ini Xing Fu Tang berencana menambah 10 gerai lagi di lima kota, yaitu Batam, Pekanbaru, Semarang, Yogyakarta, dan Bali.



TERBARU
Terpopuler

[X]
×