kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.504.000   5.000   0,33%
  • USD/IDR 15.935   0,00   0,00%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

Peluang mendulang laba dari kaus kreatif


Kamis, 27 September 2012 / 15:09 WIB
ILUSTRASI. Pergerakan saham?Bursa Efek Indonesia.


Reporter: Havid Vebri | Editor: Havid Vebri

Kaus kreatif dengan tulisan-tulisan plesetan menghibur atau sindiran punya banyak penggemar di Indonesia. Selain lucu, kaus ini diminati karena sarat pesan moral dan motivasi.

Salah satu produsen kaus kreatif ini adalah Teguh Wibowo yang mengusung brand 4 Fun Clothing di Jember, Jawa Timur. Ia terjun ke usaha ini sejak tahun 2009. Untuk memasarkan produk kaosnya, mulai Agustus 2012 ini ia resmi menawarkan kemitraan.

Dalam kerjasama kemitraan ini, ia menawarkan paket investasi senilai Rp 25 juta. Mitra akan mendapat meja kasir, display hanger anak dan dewasa, backdrop store, neon box, set branding interior store, dan cat interior.

Selain itu, ada juga training pegawai, katalog gambar dan tulisan, seragam pegawai, banner, dan brosur. "Mitra juga akan mendapat 35 lusin produk kaos kreatif dan 10 potong sample kaos," kata Teguh.

Menurut Teguh, 35 lusin produk kaos tersebut masih berbentuk polos. Mitra akan dibekali gambar-gambar dan tulisan yang terbuat dari bahan planel untuk diaplikasikan di kaos tersebut. "Makanya nanti ada training buat pegawai untuk mememasang gambar atau tulisan itu di kaos," ujarnya.

Nantinya, setiap konsumen yang datang akan disodorkan katalog yang berisi daftar gambar atau tulisan yang diinginkannya. Selain dilatih cara memasang gambar atau tulisan di kaos, mitra juga akan dilatih cara membuat gambar atau tulisan berbahan planel.

Nanti, pusat akan rutin memasok desain gambar atau tulisan terbaru kepada mitra. "Untuk tahap awal, gambar atau tulisan kami pasok dulu, setelah habis mitra bisa buat sendiri," ujarnya.

Namun, untuk pasokan kaosnya sendiri tetap harus membeli dari pusat. Harga kaos dari pusat bervariasi, tergantung ukurannya. Paling murah Rp 17.000 dan paling mahal Rp 55.000 per potong.

Mitra bisa menjualnya ke konsumen dengan mengambil keuntungan Rp 10.000 per kaos.  Ia menargetkan, dalam sebulan mitra bisa menjual minimal 300 potong kaos. Dengan laba Rp 10.000 per kaos, mitra diharapkan bisa balik modal sekitar 10 bulan. Syarat menjadi mitra harus menyediakan tempat berjualan dengan ukuran minimal 4 meter (m) x 6 m.

Kaus kreatif bikinan Teguh menyasar konsumen mulai anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Untuk anak-anak, desain gambarnya kebanyakan tokoh-tokoh kartun. Sementara untuk remaja dan orang dewasa kebanyakan gambar atau tulisan yang sarat pesan moral dan motivasi.

Supaya penjualan kaus ini lancar, ia mendorong mitra untuk mencari agen sebanyak-banyaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×