kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Piknik unik dari kampus ke kampus


Jumat, 01 Juli 2011 / 16:28 WIB
Piknik unik dari kampus ke kampus
ILUSTRASI. Promo Giant weekday periode 22-24 September 2020 menawarkan diskon 10% - 60% untuk produk kebutuhan harian. Gerai supermarket Giant. KONTAN/Muradi/2019/01/24


Reporter: Handoyo | Editor: Tri Adi

Selain wisata sejarah dan budaya, Kota Yogyakarta juga menawarkan wisata pendidikan yang mengenalkan beberapa kampus ternama di Yogya dan Jawa Tengah. Selain mereka yang kebingungan memilih kampus, wisata pendidikan ini juga baik untuk memotivasi pelajar SMA, agar lebih giat belajar dan bercita-cita mencapai universitas idaman.

Terbatasnya informasi pendidikan, terutama bangku kuliah, membuat sebagian lulusan sekolah menengah atas (SMA) kebingungan dan ragu dalam memilih universitas dan jurusan.

Sebenarnya, Anda tak perlu bingung. Saat ini telah ada tawaran wisata pendidikan yang khusus mengenalkan lingkungan kampus dengan berbagai pernak-perniknya. Diharapkan, kunjungan ke beberapa kampus ternama dengan beberapa disiplin ilmu memberikan motivasi belajar siswa.

Cunduk Bagus Sudarwono, General Manager Gama Wisata, mengatakan bahwa program wisata pendidikan akan memberikan pemahaman baru bagi siswa sekolah menengah. Sebab, siswa dapat membandingkan langsung, baik lingkungan, fasilitas, serta program studi beberapa perguruan tinggi dan universitas di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Bahkan, peserta tur akan mendapat kesempatan merasakan beberapa tempat makan para mahasiswa. "Bagaimana pola pergaulan dari para mahasiswa yang ngekos juga kami sajikan," tutur Bagus.

Gama Wisata adalah salah satu penyedia jasa layanan wisata pendidikan. Memulai usaha sejak setahun lalu, anak PT Gama Multi Usaha Mandiri milik Universitas Gadjah Mada (UGM) ini tak hanya membawa peserta tur ke UGM saja.

Selain UGM, beberapa tempat yang akan dikunjungi antara lain Kampus Akademi Kepolisian, Universitas Diponegoro (UNDIP) di Semarang, Akademi Militer di Magelang, Akademi Angkatan Udara, Universitas Islam Indonesia (UII), serta Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta. "Selain menawarkan paket yang telah tersedia, kami juga menerima permintaan lokasi perguruan tinggi yang akan dikunjungi," jelas Bagus.

Untuk ikut dalam tur wisata pendidikan yang ditawarkan Gama Wisata, peserta paling tidak harus mempersiapkan dana sekitar Rp 400.000 hingga Rp 600.000 per orang untuk kegiatan selama tiga hari dua malam.

Jika waktu yang ditawarkan terlalu panjang dan peserta menginginkan jenis paket yang lebih praktis dan singkat, Gama Wisata menyediakan paket singkat. Namanya paket Wisata Kampus UGM. Tarif paket wisata ini, hanya sekitar Rp 60.000 per orang, dengan durasi piknik sekitar 90 menit atau 1,5 jam.

Menurut Bagus, prospek wisata pendidikan masih terbuka lebar. Dalam satu tahun ini, Gama Wisata sudah berhasil menggaet peserta tur mencapai 800 orang. "Kalau diperkirakan dalam satu bulan pesertanya bisa mencapai 80 hingga 150 orang," kata Bagus. Ia menambahkan, dari sekian banyak peserta yang mengikuti wisata pendidikan, 80%-nya berasal dari wilayah luar Yogyakarta.

Selain Gama Wisata, paket wisata pendidikan juga ditawarkan oleh DeLana Tour and Travel di Yogyakarta. Sejak didirikan pada tahun 2009, DeLana Tour and Travel juga telah mengusung tema pendidikan khususnya dunia kampus.

Saat ini, DeLana telah menjalin kerjasama dengan beberapa universitas dan perguruan tinggi tujuan wisata, seperti UGM. "Kegiatan ini diharapkan bisa memberi referensi bagi para siswa SMA yang baru lulus untuk melihat-lihat kegiatan mahasiswa dan seputar kampus seperti UGM," ujar Gregorius Gagat Handoyo, Direktur DeLana Tour and Travel.

Untuk memperkaya pengetahuan, peserta tur juga akan mendapatkan informasi termasuk presentasi pihak kampus. DeLana menggabungkan wisata pendidikan ini dengan wisata sejarah dan budaya, seperti kunjungan ke Candi Borobudur dan Prambanan. Tarif mengikuti program wisata DeLana sekitar Rp 400.000 hingga Rp 600.000 per orang untuk empat hari kegiatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×