CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Platform Mobil Bekas Moladin Siap Ekspansi di Pelosok Kota Indonesia


Sabtu, 18 Juni 2022 / 09:15 WIB
Platform Mobil Bekas Moladin Siap Ekspansi di Pelosok Kota Indonesia


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah tren pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi pada sejumlah startup di dalam negeri, masih ada usaha rintisan yang bisa mendapat suntikan modal. Misalnya, Moladin.

Startup ini bergerak di layanan penjualan mobil bekas online alias e-commerce mobil seken.

Sejak berdiri 2017, Moladin sudah menjaring hingga 40.000 mitra kerja yang terdiri dari diler dan agen penjual mobil bekas di seluruh Indonesia. Padahal, di akhir 2021, jumlah mitra usaha mereka masih di angka 15.000 partner bisnis.

Tak heran, dengan hasil tersebut, Moladin belum lama ini mendapatkan pendanaan seri B dengan nilai mencapai US$ 95 juta dari investor. Pendanaan ini di bawah pimpinan DTS Global, sebuah perusahaan investasi internet. 

Sebelumnya, di awal tahun ini, Moladin mendapat injeksi modal seri A sebesar US$ 42 juta dari barisan investor yang dipimpin Sequoia Capital India dan Northstar Group. Kedua investor ini bersama East Ventures juga berpartisipasi di pendanaan seri B untuk Moladin.

Menurut Andrew Khoo, Co-Founder dan Chief Executive Officer Moladin, injeksi modal anyar tersebut bakal Moladin pakai untuk mengembangakan ekosistem bisnis mereka.

Baca Juga: Betukang.id Mencari Cuan dari Layanan Jasa Pertukangan

Yakni, bisa memberikan layanan kepada para mitra bisnis, seperti diler dan agen, dan tentu para konsumen saat menggunakan platform Moladin.  Sayang, dia tidak memerinci lebih lanjut soal ekspansi ke layanan yang akan diberikan Moladin  kepada para mitra bisnis dan konsumen.

Langkah ekspansi lainnya yang sudah masuk perencanaan adalah terus melebarkan sayap bisnis di pasar mobil bekas Indonesia. Hingga saat ini, layanan Moladin sudah menjangkau 135 kota di Indonesia. Ini artinya, Moladin bakal memperluas layanan mereka di kota-kota lain.

Andrew pun optimistis, rencana bisnis Moladin tersebut bisa tercapai. Sebab, platform Moladin, ia klaim, punya banyak sisi positif. Misalnya, ada keterlibatan agen penjual mobil bekas. Agen ini bisa memberikan informasi yang calon pembeli butuhkan seputar mobil bekas yang jadi incaran.

Maklum, dalam membeli mobil bekas, memang butuh informasi mendetail soal kondisi kendaraan. "Karena sebagian konsumen mobil bekas masih ingin berinteraksi dengan ahli yang membidani mobil bekas," kata Andrew belum lama ini.

Sedangkan dari sisi teknologi, Moladin bakal terus mengembangkan platform lebih lanjut. Tujuannya, untuk bisa memudahkan mitra dan pengguna Moladin dalam melakukan transaksi. Sayang, Andrew tidak memerinci lebih lanjut soal pengembangan layanan ini.

Yang jelas, upaya tersebut Moladin lakukan untuk bisa menggenjot bisnis mereka. Menurut Andrew, dalam beberapa bulan terakhir, transaksi bisnis Moladin  tumbuh hingga 20 kali lipat. Sedang produktivitas agen dan diler naik 2,5 kali lipat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental THE FUTURE OF SELLING

[X]
×