kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Raih pendanaan US$ 8,5 juta, Food Market Hub siap bantu bisnis restoran di Indonesia


Rabu, 08 Desember 2021 / 15:23 WIB
Raih pendanaan US$ 8,5 juta, Food Market Hub siap bantu bisnis restoran di Indonesia


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Food Market Hub (FMH), perusahaan startup penyedia solusi pengadaan dan inventaris berbasis cloud bagi bisnis makanan dan minuman (mamin), baru saja menerima pendanaan seri A+ senilai US$ 8,5 juta.

Pendanaan ini adalah kedua kalinya perusahaan rintisan Malaysia ini mendapatkan pendanaan seri A, dengan total pendanaan senilai US$ 12,5 juta.

Konsorsium Investor pendanaan seri A+ ini dipimpin oleh pemodal ventura asal Indonesia AC Ventures, dan terdiri dari 9 pemodal ventura ternama di regional ASIA, termasuk Go-Ventures (pemodal ventura dari Go-Jek), SIG and 500 Global, East Ventures, Velocity Ventures dan Capital Code.

Co-founder dan CEO Food Market Hub Anthony See menjelaskan bahwa saat ini FMH bukan hanya memperoleh kepercayaan yang sangat baik dari para investor, tapi juga mendapatkan respons positif dari para pemilik bisnis mamin di Malaysia.

Baca Juga: Bisnis frozen food menjamur, ARPI prediksi nilai pasar capai Rp 95 triliun tahun ini

Dimana restoran ternama seperti Din Tai Fung, Pizza Hut, KFC, hingga Putien adalah beberapa nama besar yang sudah menggunakan platform FMH.

“Dalam kurun satu tahun, tak hanya pendanaan yang berlipat ganda, jumlah bisnis restoran yang aktif memakai platform Food Market Hub juga tumbuh hingga dua kali lipat mencapai 5.000 pengguna aktif,” ungkap Anthony dalam siaran pers, Rabu (8/12).

Pada kuartal IV 2021, Food Market Hub memutuskan berekspansi ke Indonesia dan berencana menggunakan dana segar tersebut guna memperkuat tim di Indonesia, melakukan penetrasi pasar serta mengedukasi pelaku bisnis restoran dan kafe.

Sejak masuk ke pasar Indonesia, FMH sudah aktif beroperasi membantu pelaku bisnis untuk mengelola dan mengotomatisasi pengadaan inventaris mereka.

Baca Juga: Bisnis F&B menjanjikan, Informa Markets luncurkan marketplace Saladplate Indonesia

Anthony menambahkan, pesatnya pertumbuhan pengguna aktif platform FMH menandakan bahwa pemilik bisnis restoran terus berinovasi dengan proses digitalisasi bisnis.

Salah satunya adalah dengan cara menggunakan sistem manajemen dan otomatisasi pengadaan serta inventaris barang untuk dapat meningkatkan efisiensi biaya dan tetap bertumbuh di masa pandemi ini.

Di Malaysia sendiri, selama pandemi Covid-19 terbukti bahwa, bisnis mamin pengguna platform FMH menunjukkan pertumbuhan yang sangat positif.

Anthony mengungkapkan, penggunanya melaporkan penurunan Harga Pokok Penjualan (HPP) sebesar 20% setelah mengadopsi sistem FMH. "Selain itu, proses administrasi yang tadinya manual kini menjadi 50% lebih efisien berkat proses digitalisasi di platform FMH," kata Anthony.

Selain itu, lanjut Anthony, pengguna lain platform FMH juga mengaku bahwa proses pemesanan bahan baku hingga koordinasi dengan dapur pusat atau outlet menjadi jauh lebih cepat dan mudah terlacak karena sudah ter-digitalisasi. Alhasil, pelacakan selisih anggaran dengan biaya aktual, tingkat inventori dan biaya lain bisa dipantau di satu platform.

Baca Juga: Startup eFishery raises Series B with plans to expand across Indonesia

Sebagai informasi, Food Market Hub meluncue pada akhir 2017 di Malaysia. FMH adalah perusahaan penyedia platform manajemen yang membantu bisnis mamin mengotomatisasi sistem pengadaan dan inventaris barang dengan memanfaatkan Big Data dan Artificial Intelligence.

Alhasil, pengguna platform FMH bisa terhubung dengan supplier bahan baku yang sesuai keinginan serta mengintegrasikan sistem yang sudah mereka pakai (POS, inventori, sistem akunting, dll) di restoran ke dalam platform berbasis cloud.

Dengan demikian, proses pemesanan bahan baku menjadi lebih mudah dan efisien karena pengambilan keputusan terkait pengadaan barang bisa dilakukan melalui platform tunggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×