kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ralali.com sabet dua penghargaan internasional InterCon dan Red Herring Awards


Senin, 04 November 2019 / 20:30 WIB

Ralali.com sabet dua penghargaan internasional InterCon dan Red Herring Awards
ILUSTRASI. Ralali.com rebut dua penghargaan internasional InterCon dan Red Herring Awards.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ralali.com sebagai B2B platform yang telah memberdayakan UMKM di Indonesia melalui ekosistem digitalnya, mendapat pengakuan kelas dunia dengan membawa dua penghargaan internasional sekaligus.

Apresiasi ini diterima langsung di Dubai pada 16 Oktober 2019 melalui InterCon “Top 50 Tech Companies Awards”. Penghargaan lainnya didapat pada 22 Oktober 2019 melalui Red Herring Top 100 Asia Awards Winner di Thailand. Red Herring Top 100 Asia Awards telah memberikan apresiasi penghargaan untuk perusahaan berbasis teknologi di dunia selama 23 tahun. 

Selain itu Red Herring Top 100 Asia Awards juga menjadi yang pertama mengakui bahwa Google, Facebook, Kakao, Alibaba, Twitter, Rakuten, Salesforce.com, Xiaomi and YouTube mampu mengubah wajah dunia dan pekerjaan di masa depan.

Baca Juga: Hingga akhir tahun, East Ventures masih mencari 10 start up baru untuk didanai

The Internet Conference atau InterCon adalah ajang konferensi untuk berbagai perusahaan teknologi seluruh dunia yang dinilai memberikan inovasi terbaik dan berdampak melalui bidang teknologi. Penghargaan yang diberikan InterCon kepada Ralali.com ini memiliki tujuan untuk mengapresiasi dan mengakui perusahaan teknologi yang mampu memberikan terobosan baru untuk dunia teknologi.

Parameter seperti jangkauan, dampak pada industri, semangat inovasi, kesiapan untuk masa depan dan permintaan pasar menjadi poin-poin yang diperhitungkan.

Pengakuan ini tidak lepas dari proses yang telah dilalui dan inovasi berdampak yang telah dihadirkan Ralali.com untuk UMKM Indonesia selama 6 tahun. Hingga saat ini, Ralali.com dengan misinya mempermudah UMKM dalam pemenuhan kebutuhan usaha (sourcing), pengembangan usaha (scaling) dan penguatan usaha (sustaining) telah mempertemukan lebih dari 700.000 UMKM dengan 14.000 produsen yang 11.000 diantaranya adalah produsen langsung atau principal .

“Ralali.com berterima kasih kepada penyelenggara serta panelis dari dua ajang penghargaan kelas dunia dari Red Herring Asia dan InterCon 2019. Sebagai B2B platform yang menawarkan one-stop-solution berbasis teknologi termasuk web dan aplikasi mobile untuk melakukan pemesanan kebutuhan usaha pelaku UMKM dari berbagai sektor bisnis, pengakuan dan apresiasi ini menjadi energi tambahan untuk meningkatkan kinerja dan dampak Ralali.com untuk UMKM di Indonesia,” ungkap Alexander Lukman, Chief Operating Officer Ralali.com dalam keterangannya, Senin (4/11).

“Selain solusi pemenuhan kebutuhan usaha, pembiayaan untuk UMKM juga tersedia sejak 2018. Hal ini menunjukkan kami membangun ekosistem digital yang komprehensif untuk pelaku bisnis dan UMKM. Inovasi ini ternyata mampu dipercaya memenangkan kategori Internet/Online (ISP, B2B, B2C) dari Red Herring Top 100 Asia Awards Winner,” ungkap Alex.

Baca Juga: Tahun depan, Mandiri Capital bidik insurtech dan startup remittance

Dalam rangka memperkuat ekosistem digital yang ada, Ralali.com turut menghadirkan platform BIG Agent yang memberdayakan SDM dan pelaku bisnis untuk mempermudah proses KYC (know your customers). Platform ini bertujuan untuk mendorong pemerataan ekonomi di Indonesia melalui kolaborasi jutaan tenaga kerja Indonesia dengan terhubung melalui platform berbasis teknologi.

Terbaru ini, proporsi jumlah Sahabat Ralali.com (UMKM atau pembeli) mencapai 700.000 didominasi oleh pelaku usaha retail seperti warung kelontong, toko baju, toko HP, toko komputer (yang tergabung dalam kategori bisnis BIG Mart), disusul oleh pelaku usaha kuliner seperti catering, cafe hingga restoran (tergabung dalam kategori bisnis BIG Resto) dan peringkat ketiga yakni pelaku usaha otomotif seperti bengkel motor atau mobil, toko oli hingga spare part kendaraan (tergabung dalam kategori bisnis BIG Auto).

Ralali.com mengantisipasi bahwa lanskap ritel B2B akan berubah di masa depan, karena itu Ralali.com selalu berupaya tetap relevan dengan perkembangan ekonomi digital terkini. Melalui platform Ralali.com, UMKM dengan nyaman dapat mencari dan terhubung ke para pemasok utama melalui ponsel mereka.

Di sisi lain, penjual dapat hadir di pasar dan terhubung ke segmen pembeli sesuai target dalam sekejap. Semua ini terjadi seiring dengan munculnya pola konsumsi baru yang berfokus pada data dan pengalaman konsumen. Mengarah menjadi the next generation dari platform B2B, Ralali.com selalu menjadi relevan dengan menawarkan nilai tambah pada pasar yang dilayaninya. 

Perusahaan ini mengimpikan agar usaha dari jutaan UMKM se-Indonesia dapat dipermudah dan terhubung sesuai kebutuhan melalui platform digitalnya. 

Baca Juga: AeroPro memetakan peluang dari jasa pemetaan via udara

“Dua penghargaan ini menjadi pemacu semangat Ralali.com, namun lebih dari itu, momentum ini mendorong kami untuk semakin memberikan manfaat bagi pelaku UMKM di Indonesia dengan memberi kemudahan mereka dalam pemenuhan kebutuhan usaha mulai dari tersedianya berbagai jenis kategori kebutuhan usaha, digital goods, billing, finansial teknologi untuk mengembangkan usaha yang diwujudkan dalam ekosistem digital Ralali.com,” tambah Alex.


Reporter: Tendi Mahadi
Editor: Tendi


Tag

Close [X]
×