kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,76   20,70   2.34%
  • EMAS938.000 -0,42%
  • RD.SAHAM -1.82%
  • RD.CAMPURAN -0.92%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Rencanamu.id mencari peluang di masa pandemi


Sabtu, 24 Oktober 2020 / 10:00 WIB
Rencanamu.id mencari peluang di masa pandemi


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform layanan pengetahuan bakat ternyata mendapat respons positif di masa pandemi virus korona baru. Sebab, pandemi memaksa banyak orang lebih banyak berkegiatan di rumah.

Salah satu platform yang mendapat lonjakan permintaan adalah Rencanamu.id. Startup ini sudah berdiri sejak 2017 dan awalnya memfokuskan diri pada persiapan menjelang masuk kuliah. Kemudian, mereka mengembangkan layanan ke pencarian pekerjaan dan karier, pengembangan talenta, sekaligus rekrutmen berbasis data yang sejumlah korporasi butuhkan.

Rizky Muhammad, Founder dan Chief Executive Officer Rencanamu.id, menjelaskan, selain tersedia tes bakat minat mahasiswa, aplikasi digitalnya juga membantu mahasiswa tingkat akhir untuk mencari kerja yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. "Saat pandemi, layanan kami mengalami lonjakan signifikan, baik dari sisi pengguna ataupun pendapatan," katanya ke KONTAN.

Layanan yang tersedia di aplikasi Rencanamu.id, misalnya, tips membuat daftar riwayat hidup dan persiapan menghadapi wawancara kerja. "Siswa atau mahasiswa dapat menggunakannya dengan mudah dan mengunduh aplikasi ini via Android (Play Store)," ujar Rizky.

Baca Juga: Selama pandemi, portal lowongan pekerjaan diserbu para pencari kerja

Dengan layanan tersebut, jumlah pengguna Rencanamu.id sudah lebih dari dua juta user. Sebanyak 70%-nya merupakan pengguna aktif yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk bisa memanfaatkan segala fitur yang ada di aplikasi tersebut, pengguna harus merogoh kocek sebesar Rp 129.000. Sayang, Rizky tidak memerinci pendapatan yang sudah Rencanamu.id raih.

Yang jelas, Rencanamu.id bakal terus mengoptimalkan layanan kepada para pengguna. Salah satunya dengan menambah layanan. Misalnya, meluncurkan layanan bernama Talentics.id. Ini adalah layanan bagi korporasi yang membantu proses rekrutmen berdasarkan data yang sudah ada di aplikasi Rencanamu.id. Saat ini, sudah ada lebih dari 5.000 perusahaan yang menjadi mitra Rencanamu.id. 

Lewat pencapaian tersebut, Rizky optimistis, Rencanamu.id bakal terus dilirik oleh para pengguna. Dalam satu tahun ke depan, ia pun menargetkan, jumlah pengguna Rencanamu.id bisa tembus lima juta user. Sedangkan jumlah assessment yang bisa mereka sediakan mencapai dua juta hingga tahun depan.

Pengamat startup Heru Sutadi menilai, layanan digital bidang edukasi dan sertifikasi memang sedang naik daun di masa pandemi ini. Seiring dengan makin berkembangnya layanan dan aktivitas masyarakat yang sebagian besar sudah mengarah ke online. "Ini termasuk juga untuk layanan reskilling  dan up skilling,” sebutnya kepada KONTAN. 

Apalagi, dia menambahkan, para pengguna merasa aplikasi tersebut bisa membantu saat mencari sekolah dan pekerjaan.

Selanjutnya: 6 Pekerjaan yang akan hilang di masa depan, siap-siap ganti pilihan profesi

 




TERBARU
Corporate Valuation Model Presentasi Bisnis yang Persuasif

[X]
×