kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.874.000   -21.000   -1,11%
  • USD/IDR 16.354   0,00   0,00%
  • IDX 7.176   -23,15   -0,32%
  • KOMPAS100 1.044   -7,03   -0,67%
  • LQ45 815   -3,41   -0,42%
  • ISSI 226   -0,18   -0,08%
  • IDX30 426   -2,13   -0,50%
  • IDXHIDIV20 508   0,07   0,01%
  • IDX80 118   -0,55   -0,47%
  • IDXV30 121   0,13   0,11%
  • IDXQ30 139   -0,23   -0,17%

Sentra mobil bekas Karawaci: Kepercayaan adalah kunci jual beli mobil (3)


Selasa, 10 Januari 2012 / 13:53 WIB
Sentra mobil bekas Karawaci: Kepercayaan adalah kunci jual beli mobil (3)
ILUSTRASI. Ilustrasi, Putih telur efektif meredakan asam lambung.


Reporter: Fahriyadi | Editor: Tri Adi

Terdapat 60 showroom mobil bekas di kompleks Serba Oto Palem Semi, Karawaci, Tangerang. Mereka ini tentu bersaing ketat untuk mendapatkan pelanggan. Namun begitu, persaingan di antara mereka masih terbilang sehat.

Seperti yang dilakukan oleh Firmansyah, pemilik FR Auto Mobilindo. Ia mengaku tidak tertarik mencari pelanggan dengan cara membanting harga jual. Namun Firmansyah menggaet pelanggan dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik.

Bentuk pelayanan Firmansyah itu berupa pemberian informasi, sejarah mobil maupun kondisi mobil kepada pelanggannya. Ia bilang, informasi menyeluruh mengenai kondisi mobil sangat penting bagi pelanggan. "Dengan layanan inilah kami punya pelanggan yang setia," terang Firman, panggilan akrab Firmansyah.

Selain meningkatkan pelayanan, Firmansyah juga menjaring pelanggan dengan membuat iklan di media massa. Tetapi ada juga pedagang lain yang memasarkan mobil bekas dengan cara membagikan brosur informasi mobil bekas di tempat-tempat keramaian.

Firmansyah menyimpulkan, sukses berjualan mobil bekas bergantung kepada tiga aspek. Pertama, kekuatan modal; kedua, relasi; ketiga, pengalaman. "Dari ketiga aspek ini, kekuatan modal itu aspek utama," ujar dia.

Dengan modal besar, pengusaha bisa memajang lebih banyak pilihan mobil di showroom miliknya. "Dengan modal besar, pengusahanya bisa meningkatkan promosi seperti iklan," katanya.

Namun Acai, pemilik MC Motor menampik pendapat Firmansyah tersebut. Ia bilang, modal besar bukan hal utama untuk sukses di bisnis mobil bekas. Menurutnya, rahasia sukses berbisnis mobil bekas terletak pada pelayanan. "Kejelasan kondisi fisik mobil harus jadi prioritas agar pelanggan puas dan percaya," ungkapnya.

Pria yang juga punya showroom mobil bekas di Kemayoran, Jakarta Pusat, itu menghindari usaha memperdayai atau membohongi pelanggan. Jika hal itu terjadi, bisa berisiko bagi keberlanjutan usaha. "Informasi tentang kondisi mobil harus disampaikan secara jujur," ujarnya.

Jika pelanggan puas akan menimbulkan citra positif di mata pelanggan. Citra positif itulah yang membuat pelanggan kembali belanja atau merekomendasikan orang lain untuk belanja.

Acai menilai, usaha jual beli mobil bekas harus dikelola dengan rapi, agar informasi tentang mobil bisa tersimpan dan bisa dijelaskan kepada pelanggan. "Ini fakta yang sudah saya pelajari sejak berjualan mobil enam tahun lalu," kata Acai.

Dia bilang, banyak pedagang mobil bekas gulung tikar karena tidak memiliki pijakan layanan yang menguntungkan konsumen. "Jual mobil bekas gampang-gampang susah, jika serius dan tidak main curang maka ia pasti berhasil," terangnya.

Walaupun sesama pedagang di Serba Oto bersaing, mereka tetap memiliki solidaritas. Jika ada pelanggan mencari mobil jenis tertentu yang tidak mereka miliki, pedagang memberi rekomendasi untuk belanja kepada pedagang lain.

(Selesai)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Banking Your Bank

[X]
×