kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.965.000   -1.000   -0,05%
  • USD/IDR 16.620   158,00   0,94%
  • IDX 6.767   17,72   0,26%
  • KOMPAS100 979   5,15   0,53%
  • LQ45 762   4,33   0,57%
  • ISSI 215   0,81   0,38%
  • IDX30 395   2,48   0,63%
  • IDXHIDIV20 471   1,18   0,25%
  • IDX80 111   0,53   0,48%
  • IDXV30 115   0,73   0,63%
  • IDXQ30 130   0,90   0,70%

Sentra percetakan banjir order jelang Lebaran (3)


Jumat, 03 September 2010 / 09:12 WIB
Sentra percetakan banjir order jelang Lebaran (3)


Reporter: Hendra Gunawan | Editor: Tri Adi

Sama seperti usaha lainnya, jasa percetakan turut kebanjiran order menjelang Lebaran. Jasa percetakan dibutuhkan untuk membuat berbagai cetakan promosi selama hajatan setahun sekali itu. Mulai dari pembuatan banner produk-produk diskon, tenda posko mudik, hingga kartu ucapan Selamat Lebaran.

Hari Raya Idul Fitri, yang datang setahun sekali, selalu membawa rezeki bagi pelaku usaha. Hampir semua sektor mendapat berkah Lebaran, termasuk usaha percetakan. Mendekati hari spesial itu, terjadi lonjakan order percetakan dari para produsen yang menjajakan produknya di pusat perbelanjaan.

Maklum, saat itulah para produsen gencar menggelar promosi. Misalnya, promosi diskon produk mereka. Medianya beragam, mulai dari brosur, poster, banner hingga umbul-umbul yang digantung di atas produk itu.

Lonjakan order juga dialami para pelaku usaha percetakan di sentra percetakan Jalan baru, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Yulianto, pemilik CV Mitra Utama, bilang order cetakan untuk keperluan promosi, baik indoor maupun outdoor telah datang sejak sebelum bulan Ramadan. Maklum, para produsen sudah mulai menggelar promosi diskon saat memasuki Ramadan. "Sebagian besar order sudah kami kerjakan," katanya.

Pesanan datang dari berbagai perusahaan. Mulai dari produsen perlengkapan olahraga, telekomunikasi, elektronik, hingga pemilik usaha restoran cepat saji. Ada pula pesanaan dari perusahaan otomotif, yang mempromosikan penjualan dan program servis mudik.

Yulianto menaksir, sekitar 70% produk yang dijajakan di mal-mal di Jakarta menggunakan jasa percetakan untuk mencetak keperluan promosi dan lainnya. "Mayoritas perusahaan itu mempunyai cabang di luar kota, jadi cetakan kami menyebar ke mana-mana," imbuhnya.

Saat ini, menurut dia, masih ada beberapa order yang dia kerjakan. Seperti, pembuatan tenda posko mudik, yang biasanya baru akan dipakai tujuh hari sebelum Lebaran.

Lonjakan order itu membuat omzetnya diperkirakan lebih dari Rp 1 miliar. "Angkanya masih jauh di atas itu," imbuh Yulianto.

Tito, pemilik CV Tito Printing, mengalami pengalaman berbeda. Lantaran mesin yang dimilikinya lebih sederhana, dia hanya bisa mengerjakan pesanan kartu ucapan Selamat Lebaran.

Menurutnya, pemesan kartu ucapan yang datang ke tempatnya lebih banyak dari perorangan ketimbang perusahaan. "Biasanya yang pesan mereka yang punya jabatan penting dan mereka yang berasal dari keluarga ternama," kata Tito.

Menurut pengakuannya, saat ini ada empat orang pejabat di Kementrian Pertahanan yang memesan kartu ucapan. Pesanan kartu dari pejabat tersebut minimal sekitar 200 kartu.

Tito menyatakan, setiap tahun tren pembuatan kartu ucapan Lebaran terus mengalami penurunan. Penyebabnya, orang saat ini lebih memilih menggunakan media jejaring sosial di internet atau pesan pendek melalui telepon seluler untuk berkomunikasi. Meski begitu, kartu ucapan Lebaran tetap memiliki penggemar tersendiri. "Pesanan tahun ini sekitar 1.000 kartu," katanya.

Karena itulah, Tito lebih menggantungkan usahanya pada usaha pencetakan kop surat, nota dan barang yang berkaitan dengan keperluan kantor. Saat ini, ada tiga perusahanaan yang menjadi langganan Tito.

"Semula ada 10 perusahaan, cuma ada yang sudah bangkrut dan ada juga yang pindah kantor ke pulau lain," katanya. Apalagi, persaingan usaha ini makin ketat.

(Bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Negotiation Mastery

[X]
×