kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sentra tas Tajur: Grosir topang omzet Tajur (2)


Rabu, 14 Maret 2012 / 15:28 WIB
Sentra tas Tajur: Grosir topang omzet Tajur (2)
ILUSTRASI. Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin beradu lengan dengan Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi saat Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengawasi setelah konferensi pers bersama di Tokyo, Jepang, 16 Maret 2021.


Reporter: Eka Saputra | Editor: Tri Adi

Setelah sekitar 11 tahun berdiri, sentra tas Tajur semakin dikenal sebagai salah satu tempat penjualan tas di Bogor, Jawa Barat. Sentra tas Tajur kesohor bukan saja karena banyaknya pilihan model. Tapi, juga karena harga yang ditawarkan relatif terjangkau kantong konsumen. Produk tas di tempat ini dibanderol mulai dari Rp 45.000 hingga Rp 800.000 per tas.

Selain melayani pembeli eceran, sentra tas Tajur juga melayani pembeli grosir untuk dijual lagi. Para pembeli grosir datang dari berbagai daerah, mulai dari Riau hingga Papua.

Biasanya, mereka datang ke sentra tas Tajur dengan membawa mobil sendiri. "Ada juga yang minta dipaketkan. Sekali beli bisa sampai 50, 100, atau 200 tas,” kata pengelola toko Sumber Tas Tajur, Iwan Juhendi.

Bagi pelanggan yang membeli dalam jumlah besar disediakan potongan harga atau diskon. Besarannya berkisar mulai dari 5% hingga 20%. Contohnya bila membeli 10 tas yang harga satuannya Rp 150.000, bisa mendapatkan potongan harga sampai sekitar Rp 400.000.

Selisih harga yang cukup lumayan besar tentunya. Makanya, banyak pembeli grosir menjadi langganan di sentra ini. “Kalau memang sudah menjadi pelanggan tetap, beli satu pun bisa kami kasih diskon kok,” ujarnya.

Selain toko Sumber Tas, toko-toko lain di sentra ini juga melayani pembelian grosir. Pengelola toko Dunia Tas, Evan bilang, untuk pembelian grosir ini mereka memberikan diskon sebesar 20%. "Kalau diuangkan, ya, sekitar Rp 25.000-Rp 30.000 per tas,” katanya.

Evan bilang, dalam seminggu atau sebulan sekali, pembeli grosir pasti datang memborong tas-tas model terbaru. Makanya, toko-toko tas di Tajur juga harus mengikuti perkembangan model tas.

Pengelola toko Green Bag, Miranti bilang, model tas yang sekarang banyak diburu adalah tas motif macan. Menurutnya, banyak pembeli grosir memborong tas model ini. Bagi pembeli grosir, ia menyediakan diskon 20%. “Harga tas yang tadinya Rp 50.000 per buah bisa menjadi Rp 48.000,” ujarnya

Bila barang-barang yang dipajang di toko tidak sesuai selera, para pembeli juga boleh melakukan pesanan. Jumlah minimal pesanan tidak ditentukan. Namun, pelanggan yang ingin memesan dianjurkan untuk membawa model tas yang ingin dibuat.


Harganya sendiri tergantung dengan model dan bahan yang dipesan. Tapi prinsipnya, semakin sedikit pesanan semakin mahal harga satuannya.

“Untuk pesanan ini kami menawarkan harga mulai yang termurah Rp 65.000, dan lama pengerjaannya tiga minggu,” jelasnya.

Untuk pesanan ini, Evan sendiri lebih banyak membidik instansi atau perkantoran yang ingin memesan tas khusus untuk acara tertentu. Misalnya, model tas jinjing sebagai suvenir seminar.

Dalam hal ini pihaknya tidak mematok harga. "Biasanya kami menyesuaikan dengan anggaran mereka," ujarnya.

Misalnya, anggaran yang tersedia sebesar Rp 50 juta. Dengan anggaran sebesar itu, pemesan meminta dibuatkan 1.000 tas. "Terus kami pelajari dan kasih lihat contoh tas yang bisa dibuat dengan anggaran segitu,” kata Evan.

(Selesai)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×