kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,49   -8,95   -0.95%
  • EMAS1.027.000 -0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Skystar Ventures UMN gelar Demo Day, enam startup perkenalkan ide bisnis


Sabtu, 23 Oktober 2021 / 12:57 WIB
Skystar Ventures UMN gelar Demo Day, enam startup perkenalkan ide bisnis
ILUSTRASI. Skystar Ventures UMN gelar Demo Day, ada enam startup yang memperkenalkan ide bisnis.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Inkubator bisnis Universitas Multimedia Nusantara dan Kompas Gramedia Group, Skystar Ventures UMN, menyelenggarakan Demo Day virtual yang diikuti oleh enam tim rintisan terpilih dari mahasiswa UMN.

Demo Day merupakan rangkaian acara terakhir dari program inkubasi Skystar Ventures batch 8 yang sudah berjalan selama enam bulan. Program inkubasi startup batch 8 ini digelar oleh Skystar Ventures UMN sejak Februari 2021 hingga Oktober 2021 secara daring.

Business Incubator Manager of Skystar Ventures Yovita Surianto mengatakan, program ini bertujuan untuk membantu para peserta inkubasi memvalidasi ide bisnis hingga tahap Minimum Viable Product (MVP).

"Sejak 2013 Skystar Ventures dibangun untuk menjadi entrepreneurship hub dan mendorong terciptanya entrepreneurship di Kampus UMN. Sampai sekarang kita memiliki 42 start up portofolio dan dimana 13 start up telah mendapatkan funding dan masih berjalan hingga saat ini," kata Yovita dalam Start Up Demo Day Skystar Ventures UMN - Batch 8 secara virtual, Jumat (22/10).

Baca Juga: Ingin bantu petani lokal, artis cantik Maudy Ayunda investasi di startup Segari

Lebih lanjut, untuk Batch 8 ini terdapat 62 start up yang mendaftar. Setelah melalui proses seleksi terpilih 11 tim yang mengikuti bootcamp secara online. Hingga akhirnya terkumpul enam tim yang berhasil sampai pada tahap Demo Day.

Renaldo Sutjiady Program Superintendent of Skystar Ventures menambahkan, program inkubasi Skystar Ventures dilakukan selama 3 sampai 6 bulan. Dimana para peserta dibantu memvalidasi ide bisnisnya mulai dari inovasi sampai ke product marketing.

"Jadi mereka mengikuti banyak series workshop, one on one mentoring, dan nanti kita koneksikan juga dengan berbagai macam partner, stakeholder, customer dan investor," kata Renaldo.

Adapun keenam tim yang sampai pada tahap Demo Day diantaranya Tuhiro yang merupakan aplikasi jasa dekorasi interior yang memberikan website terintegrasi yang dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan, Cooking Media aplikasi berbasis pembelajaran sosial yang memberikan rekomendasi resep masakan sesuai preferensi pelanggan, Pensil merupakan aplikasi pencatatan portofolio crypto.

Selanjutnya Dongkrak yang merupakan aplikasi point of sales (POS) khusus untuk bengkel, Library of Things yaitu platform berbagi barang yang memberdayakan konsep ekonomi sirkular di Indonesia, dan WannaBeStart yang merupakan digital agensi yang bergerak dibidang pengembangan aplikasi, website, mobile dan UI/UX.

Sebagai informasi program ini melibatkan beberapa praktisi startup seperti Leontius Adhika (CPO of SIRCLO), Mario Lasut (CMO Finansialku), Irfan Prabowo (Head of Marketing at Lemonilo), Jaka Wiradisuria (VP of Product & Operation of Kitabisa.com), Prasetyo Andy W. (Head of Product Flight at Tiket.com). Para praktisi tersebut memberikan mentoring eksklusif yang membahas mengenai pengalaman mereka selama membangun startup.

Khusus untuk Demo Day, Skystar Ventures UMN menghadirkan Bayu Seto Director of Digital Investment and Incubation Digital Hub Sinarmas Land serta Erwin Arifin Head of StartupIndonesia.co sebagai panelis Demo Day Batch 8.

 

Selanjutnya: Para start up perhatian, ada ajang angle investors week

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×