kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.471.000   2.000   0,14%
  • USD/IDR 15.490   -65,00   -0,42%
  • IDX 7.480   -63,75   -0,85%
  • KOMPAS100 1.160   -11,88   -1,01%
  • LQ45 927   -9,96   -1,06%
  • ISSI 225   -1,67   -0,74%
  • IDX30 478   -5,65   -1,17%
  • IDXHIDIV20 575   -6,14   -1,06%
  • IDX80 132   -1,40   -1,05%
  • IDXV30 142   -1,03   -0,72%
  • IDXQ30 160   -1,62   -1,00%

Stratup Otomotif, Broom Raih Pendanaan Series A+ senilai US$ 25 Juta


Jumat, 04 Oktober 2024 / 12:41 WIB
Stratup Otomotif, Broom Raih Pendanaan Series A+ senilai US$ 25 Juta
ILUSTRASI. Pengguna Smartphone menunjukkan aplikasi Broom.id.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu startup otomotif Broom telah memperoleh pendanaan Series A+ dengan nilai US$ 25 juta. Putaran pendanaan ini dipimpin oleh Openspace dan diikuti AC Ventures, Quona Capital, MUFG Innovation Partners, serta PKSHA Capital. 

Selain itu, Broom juga memperoleh fasilitas kredit dari berbagai lembaga, termasuk Komunal, Funding Societies Capital Pte Ltd, Modalku Finansial Indonesia, Alami, Koinworks, Helicap, dan DBS Indonesia, serta dukungan dari sejumlah investor individu berpenghasilan tinggi.

Pendanaan baru ini hadir setelah Broom mencatat pertumbuhan bisnis positif selama setahun terakhir. Lini bisnis utama dan baru perusahaan telah menunjukkan pertumbuhan signifikan dan memecahkan rekor hanya dalam semester pertama 2024.

Pada semester pertama 2024, penyaluran dana perusahaan dari buyback, produk yang dirancang untuk diler otomotif agar dapat menjual sementara stok kendaraan mereka untuk mendapatkan modal kerja, hampir dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan peningkatan sebesar 144,9%, mencapai rekor Rp 1,1 triliun. Hal tersebut telah mendukung lebih dari 7.000 diler otomotif UKM dalam mengembangkan bisnis mereka. 

Baca Juga: Broom Makin Ngebut di Bisnis Mobil Bekas

Selain itu, Broom Leasing Channeling (BLC), layanan baru yang diluncurkan pada kuartal empat 2023, telah menghasilkan 2.300 transaksi dengan total pendapatan lebih dari US$ 17 juta dan meraih pangsa pasar sebesar 25% pada paruh pertama 2024.

“Kami percaya bahwa tim Broom telah membuktikan kemampuan mereka untuk mewujudkan transformasi (digital) ini," ujar Ayu Tanoesoedibjo, Executive Director Indonesia di Openspace.

Pandu Adi Laras, CEO Broom bilang dengan total investasi hingga saat ini, Broom berada di posisi yang kuat untuk melaksanakan rencana pertumbuhan ambisiusnya. Pada semester kedua 2024, perusahaan akan fokus pada ekspansi operasional ke Indonesia Barat dan Timur, berkolaborasi dengan 23 perusahaan multifinance untuk memperlancar proses transaksi melalui integrasi API, serta memperkuat kapabilitas organisasi melalui retensi dan perekrutan talenta terbaik.

“Dengan pendanaan baru ini, kami siap membawa bisnis Broom ke tingkat yang lebih tinggi dan memperkokoh posisi kami sebagai startup otomotif digital terkemuka bagi diler otomotif di Indonesia”, tutup Pandu.

Selanjutnya: Mbrebes Mili Bawa Produk Bawang Goreng Mendunia

Menarik Dibaca: Cara Menonaktifkan Berbagi Lokasi di Android dengan Mudah Tanpa Ribet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×