kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

UKM binaan Garuda tumbuh


Minggu, 26 Agustus 2012 / 18:40 WIB
ILUSTRASI. (Sumber:?yummy.co.id) Sushi roll


Reporter: Fahriyadi | Editor: Havid Vebri

PT Garuda Indonesia Tbk turut mengikut sertakan mitra binaannya pada ajang pameran Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) di Gedung Sarinah, Jakarta. Pameran bertajuk Indonesia Creative Center (ICC) ini mulai digelar tanggal 11 Agustus 2011.

Ridwan Edi, Kepala Divisi PKBL Garuda Indonesia mengatakan, ajang ini sangat baik untuk mengetes dan mengukur daya saing usaha kecil menengah (UKM) mitra binaan mereka. Mitra binaan BUMN penerbangan yang mengikuti pameran PKBL ini meliputi usaha pembuatan abon, produk kerajinan anyaman, dan busana muslim. "Produk yang kami pamerkan adalah industri berbasis pariwisata," ujar Ridwan, kemarin.

Ridwan biang, masih banyak mitra binaan Garuda yang tertarik mengkuti pameran ini. Makanya, pihaknya akan terus melakukan evaluasi setiap dua pekan sekali selama tiga bulan pertama ini. "Karena pamerannya ini satu tahun penuh, kami juga harus memberikan kesempatan buat mitra binaan kami yang lain," jelasnya.

Untuk target omzet, pihaknya memberikan kebebasan kepada mitra binan untuk menetapkan target sendiri. Misi Garuda, menurut Ridwan, bukan hanya menyediakan ruang tapi juga ikut memasarkan. Ia bilang, tidak menutup kemungkinan Garuda akan ikut memasarkan produk mitra binaannya langsung di atas pesawat. "Tapi kemungkinan itu baru kami jajaki tahun depan," jelasnya.

Sekadar informasi, mitra binaan Garuda Indonesia saat ini telah berjumlah lebih dari 3.000 pelaku usaha dari berbagai sektor. Ridwan mengklaim jumlah mitra binaan itu naik 10% dari tahun sebelumnya. "Kami belum lama ini memprioritaskan PKBL untuk sektor pertanian. Sektor ini menyumbang separuh dari seluruh mitra binaan kami," ucap Ridwan.

Ridwan bilang, hingga akhir tahun ini pihaknya akan mencoba menjaring sedikitnya 50 mitra binaan baru. Ia memprediksi target itu mungkin bisa lebih melihat keberhasilan PKBL di tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×