kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,67   6,57   0.70%
  • EMAS1.065.000 0,47%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN -0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Upaya Sirka Mencari Cuan dari Layanan Program Diet


Sabtu, 12 Februari 2022 / 10:00 WIB
Upaya Sirka Mencari Cuan dari Layanan Program Diet


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kegemukan menjadi salah satu persoalan bagi banyak orang di Indonesia. Dan, ada data yang menyebutkan, satu dari tiga orang Indonesia mengalami obesitas.

Namun, kondisi tersebut menjadi peluang bagi Sirka  untuk menawarkan layanan program diet untuk menurunkan atau menjaga berat badan. Layanan ini menjadi usaha dari startup yang mulai beroperasi mulai tahun kemarin tersebut.

Sirka menawarkan program diet bagi pengguna dengan fasilitas berupa layanan konsultasi penurunan berat badan yang sehat bersama ahli gizi.

Tak disangka, layanan yang ditawarkan Sirka langsung mengundang perhatian dari sejumlah investor. Belum lama ini, mereka mendapatkan pendanaan tahap awal atawa seed funding senilai US$ 2,6 juta, setara dengan Rp 37,4 miliar.

Pendanaan tahap awal tersebut dipimpin oleh AC Ventures dan Wavemaker Group. Investor lain yang turut berpartisipasi dalam seed funding ke Sirka adalah Goodwater Capital dan beberapa angel investor seperti penyanyi Indonesia Maudy Ayunda.

Adrian Li, Founder and Managing Partner AC Ventures, melihat ada potensi bisnis besar yang  ada pada Sirka.

Rifanditto Adhikara, Co-Founder dan Chief Executive Officer Sirka, mengklaim, program diet yang startup ini tawarkan sudah berbasis ilmu pengetahuan yang sudah teruji secara klinis.

Baca Juga: Betukang.id Mencari Cuan dari Layanan Jasa Pertukangan

Hanya, dari hasil observasi, masih banyak pengguna yang membutuhkan lebih banyak personalisasi karena gaya hidup, tujuan, dan starting point berbeda-beda.

Untuk itulah, bermodal pendanaan yang mereka kantongi, menurut Rifanditto, Sirka akan membuat fitur khusus yang bisa mengakomodir program diet yang berbeda antarpelanggan.

Selain itu, dana tersebut akan Sirka gunakan untuk menaikkan level engagement pengguna serta membangun komunitas privat untuk membantu pelanggan dalam mencari inspirasi.

"Pendanaan ini akan digunakan untuk membangun tech and in house research untuk produk, lalu untuk membangun awareness tentang produk Sirka," ujar Rifanditto kepada Kontan.co.id, Jumat (11/2).

Dia mengharapkan, keberadaan tech and in house research bersama tenaga medis di Sirka akan memastikan program pendampingan yang baru, di luar weight management yang saat ini menjadi andalan startup tersebut.

Sirka juga berencana bekerjasama dengan komunitas profesi kesehatan untuk memastikan ada kontrol dan keseimbangan dari klaim ataupun rekomendasi yang Sirka tawarkan.

Saat ini, program diet yang Sirka tawarkan adalah untuk durasi satu bulan, tiga bulan, dan enam bulan.

Hasilnya, kini jumlah pengguna Sirka telah mencapai ribuan. Dari hasil inilah, Sirka bakal terus menambah fitur layanan dan membangun komunitas kesehatan yang menjadi pasar mereka.                

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×