kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wah, laba kursus matematika masih menjanjikan


Selasa, 29 Maret 2011 / 13:03 WIB
Wah, laba kursus matematika masih menjanjikan
ILUSTRASI. PT Darmi Bersaudara Tbk - Perusahaan bergerak di sektor perdagangan umum dengan berbagai produk termasuk kayu olahan sebagai komoditinya. Berkantor pusat di Surabaya Jawa Timur dengan area produksi dan pengolahan kayu yang disewa berlokasi di Gresik Jawa


Reporter: Dharmesta, Ragil Nugroho | Editor: Tri Adi

Banyak siswa masih menganggap matematika hal yang menakutkan. Ini menimbulkan keprihatinan orang tua sekaligus menciptakan peluang bisnis kursus matematika.

Kali ini KONTAN mencoba mengulas kembali tiga waralaba kursus matematika yang pernah diulas sebelumnya, yaitu Al-Jabr Easy Math, APIQ, dan Jarimatika. Ketiga waralaba ini masih tumbuh, meskipun ada sedikit mitra yang tutup. Waralaba baru yang muncul pun bisa tumbuh beriringan dengan waralaba kursus matematika yang lebih lama dan memiliki mitra lebih banyak.

Ada waralaba yang jumlah terwaralabanya naik pesat. Namun, ada juga waralaba yang hingga kini masih memproses calon terwaralaba. Beberapa mitra memilih menutup kursus waralaba. Namun, jumlah kursus yang tutup ini diimbangi oleh jumlah terwaralaba baru yang lebih banyak.


Al-Jabr Easy Math

Ketika KONTAN mengulas Al-Jabr Easy Math Januari lalu, kemitraan kursus matematika yang berpusat di Bogor, Jawa Barat ini baru memiliki satu mitra. Kini, Al-Jabr sedang memproses empat mitra baru di Jakarta Utara, Bandung, Pekanbaru, dan Madiun. "Rencananya bulan depan atau mendekati tahun ajaran baru akan segera diluncurkan," kata Sobana, pemilik Al-Jabr Easy math.

Dia menuturkan, perkembangan ini tidak lepas dari gencarnya promosi yang dilakukan serta kesadaran masyarakat yang sudah cukup tinggi akan pentingnya kursus matematika.

Sobana mendirikan lembaga pendidikan khusus matematika Al-Jabr Easy Math setelah lulus kuliah tahun 2006 lalu. Di kursus ini, Sobana tidak hanya mengajari anak-anak didiknya memahami konsep berhitung, tapi juga mampu mengaplikasikan pelajaran yang mereka peroleh dengan mengajari kawan lain di kelas dengan teknik pembelajaran aktif. Dengan sistem ini, Sobana berharap anak didiknya mampu belajar untuk menjadi pemimpin di kemudian hari.

Al-Jabr Easy Math juga menerapkan accelerated learning. Sistem ini akan memberikan cara ringkas memecahkan soal-soal matematika. "Bila di sekolah mereka diajari lima langkah pengerjaan, di sini kami mengajari tiga langkah lebih cepat. Ringkas tapi masuk logika," ujar Sobana.

Sobana menambahkan konsep accelerated learning akan memacu siswa terbiasa menghadapi soal-soal matematika yang pelik. Sebab, siswa akan diberikan soal secara terus-menerus.

Sobana menetapkan biaya kursus berdasar program dan tingkat pendidikan. Biaya kursus privat untuk tingkat SD sebesar Rp 50.000, SMP Rp 60.000, dan SMU Rp 70.000 sekali mengikuti pelajaran. Jika siswa memilih bergabung dengan kelas, biaya kursusnya sebesar Rp 150.000 per bulan atau Rp 750.000 hingga Rp 1 juta per semester.

Sobana menawarkan kemitraan mulai tahun 2009. Ia menawarkan kemitraan dengan nilai investasi awal Rp 8 juta. Investasi ini sudah termasuk alat promosi seperti banner dan brosur, CD pendidikan, kaos siswa dan pengajar, perlengkapan administrasi, dan pelatihan untuk tenaga pendidik.

Dengan omzet Rp 15 juta per bulan, Sobana menjanjikan, modal mitra akan balik setelah tiga bulan membuka usaha ini. Sobana tidak berharap mendapat banyak mitra karena ia memang membatasi jumlah mitranya.


APIQ

Didirikan oleh Agus Nggermanto pada tahun 2001, APIQ sudah mempunyai dua cabang sebelum menawarkan waralaba pada awal 2009. APIQ adalah kursus matematika yang menyasar siswa TK hingga siswa yang sudah lulus SMU dan ingin masuk kuliah.

Ketika KONTAN mengulas waralaba ini Agustus 2010, APIQ mempunyai 18 mitra yang semuanya masih berada di Pulau Jawa. Sekarang, APIQ memiliki 25 terwaralaba dan pada Mei nanti akan bertambah satu terwaralaba. Penambahan terwaralaba ini adalah yang terbesar dari ketiga waralaba kursus matematika.

Satu mitra baru APIQ berada di Lampung dan memang sejalan dengan strategi bisnisnya yang mulai menyasar lokasi luar Pulau Jawa. Bahkan Agus sudah mencanangkan memasuki pasar Singapura dan Malaysia pada 2013.

Agus Nggermanto mengatakan, kunci kesuksesan adalah karena APIQ mengajarkan matematika murni yang terdiri dari aritmatika, geometri, dan aljabar. "Matematika yang diajarkan APIQ bisa dipakai sampai kuliah," kata Agus. Sedangkan kursus yang lain hanya mengajarkan alat berhitung.

Agus sangat optimistis dengan masa depan kursus APIQ karena sudah terbukti berhasil menghadapi persaingan dengan kursus-kursus matematika impor dari Jepang, Korea Selatan, dan Singapura.


Agus masih mematok biaya investasi yang sama, yaitu Rp 15 juta. Biaya investasi ini terdiri dari Rp 10 juta biaya waralaba dan Rp 5 juta untuk perlengkapan. Sistem bagi hasilnya juga tetap sama yaitu 73% terwaralaba dan 27% untuk APIQ.

Dengan biaya kursus Rp 175.000 hingga Rp 225.000 per siswa tiap bulan, dan asumsi ada empat kelas yang masing-masing memiliki 10 siswa, terwaralaba dapat balik modal setelah empat bulan.


Jarimatika

Didirikan oleh Septi Peni Wulandani pada 2002, Jarimatika mulai menawarkan kemitraan pada 2005. Jarimatika adalah kursus menghitung cepat dengan jari dengan target pasar anak TK hingga kelas tiga SD.

Pada Agustus 2010, jumlah terwaralaba Jarimatika mencapai 450 dan tersebar di 120 kabupaten. Kini Jarimatika memiliki 453 terwaralaba yang tersebar di 125 kabupaten. Pertambahan bersihnya hanya tiga karena ada mitra yang masuk dan ada pula mitra yang keluar.

Eri Sulistiyawati, Staf Pemasaran Jarimatika, menjelaskan, mitra keluar dengan dua alasan. Pertama karena mitra tersebut salah memilih lokasi yang peminatnya tidak banyak. Kedua, ada mitra yang cuti beberapa bulan karena pindah tempat tinggal.

Terwaralaba Jarimatika sebagian besar adalah ibu-ibu yang seringkali harus mengikuti pindah tugas suaminya dan mengadakan perjanjian dengan manajemen Jarimatika untuk tidak aktif selama beberapa bulan untuk penyesuaian. Jarimatika tak menghitung terwaralaba yang cuti.

Untuk terwaralaba yang salah pilih lokasi, manajemen sudah berusaha membantu dalam hal promosi dan meningkatkan kualitas pelajaran agar murid yang berhasil mengajak temannya. Tapi, banyak mitra memilih keluar karena memang biaya investasinya tidak begitu besar.

Biaya menjadi terwaralaba Jarimatika masih sama yaitu Rp 9,5 juta untuk lima tahun. Masa kerja sama ini dapat diperpanjang dengan biaya 30%. Sistem bagi hasilnya pun tak berubah yaitu 60% mitra dan 40% Jarimatika.

Dengan biaya kursus Rp 100.000 dan memiliki 30-50 siswa, terwaralaba dapat memperoleh omzet Rp 3 juta-Rp 5 juta sebulan. Dengan laba kotor Rp 1,8 juta-Rp 3 juta, mitra akan balik modal dalam 5-9 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×