kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45811,59   9,89   1.23%
  • EMAS1.054.000 0,57%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Tetap senyum meski mengajari anak matematika


Rabu, 26 Januari 2011 / 10:20 WIB
Tetap senyum meski mengajari anak matematika

Reporter: Gloria Natalia, Mona Tobing | Editor: Tri Adi

Sebagian pelajar di negeri ini masih menganggap matematika sebagai momok yang menakutkan. Sebab, tak mudah buat mereka memahami pelajaran hitung-hitungan ini. Buntutnya, nilai rapor pun menjadi jeblok.

Situasi ini membuat Sobana prihatin. Karena itu, setelah lulus kuliah pada 2006, ia kemudian mendirikan lembaga pendidikan khusus matematika bernama Al-jabr Easy Math. "Saya lihat perkembangan pelajaran matematika mereka memprihatinkan," kata dia.

Al-jabr Easy Math tidak hanya mengajarkan anak-anak didiknya memahami konsep berhitung, tapi juga mampu mengaplikasikan pelajaran yang mereka peroleh dengan mengajari kawan lain di kelas dengan teknik active learning. Dengan sistem ini, Sobana berharap anak didiknya mampu belajar untuk menjadi pemimpin di kemudian hari.

Al-Jabr Easy Math juga menerapkan accelerated learning. Sistem ini akan memberikan cara ringkas memecahkan soal-soal matematika. "Bila di sekolah mereka diajari 6 langkah pengerjaan, di sini kami ajari 3 langkah lebih cepat. Ringkas tapi tetap masuk logika," ujar Sobana. Konsep accelerated learning, imbuhnya, juga akan memacu siswa terbiasa menghadapi soal-soal matematika yang pelik. Sebab, siswa akan diberikan soal secara terus-menerus.

Sobana menetapkan biaya kursus berdasar program dan tingkat pendidikan. Biaya kursus privat untuk tingkat sekolah dasar (SD) sebesar Rp 50.000, sekolah menengah pertama (SMP) Rp 60.000, dan sekolah menengah umum (SMU) Rp 70.000 sekali mengikuti pelajaran. Jika siswa memilih bergabung dengan kelas, biaya kursusnya sebesar Rp 150.000 per bulan atau Rp 750.000 hingga 1 juta per semester.

Agar usahanya berkembang, Sobana pun menawarkan kemitraan Al-jabr Easy Math. Untuk menjadi mitra, investor cukup merogoh kocek untuk investasi awal sebanyak Rp 8 juta saja. Investasi ini sudah termasuk alat promosi seperti banner dan brosur, CD pendidikan, kaos siswa dan pengajar, perlengkapan administrasi, dan pelatihan untuk tenaga pendidik.

Dengan omzet sebesar Rp 15 juta per bulan, Sobana menjanjikan, modal mitra akan balik setelah 3 bulan membuka usaha ini. Sobana tidak berharap mendapat banyak mitra karena ia memang membatasi jumlah mitranya. "Tiap kecamatan, kami hanya akan menerima satu mitra," katanya. Tujuannya, untuk menjaga tingkat persaingan antara mitra dan sekolah. Tapi, sudah hampir 2 tahun menawarkan kemitraan, Al-Jabr Easy Math baru punya satu mitra.

Konsultan Wirausaha Khoerussalim Ikhsan menilai, jumlah mitra Al-Jabr Easy Math yang masih minim lantaran pasar belum tahu keunggulan kursus matematika ini. "Kursus matematika sekarang banyak, untuk memenangkan pasar perlu ada yang unik," katanya. Ia mencontohkan, penggunaan alat bantu hitung atau metode yang beda dari tempat kursus lain.

Biaya investasi yang murah memang bisa menjadi daya tarik sendiri. Tetapi, agar lebih terkenal lagi namanya perlu promosi yang lebih gencar. Selain itu, metode pengajaran matematika juga perlu ditingkatkan, termasuk peningkatan tim pengajar yang memang jago.


Al-Jabr Easy Math
Jl. Raya Bojong Bede, Citayam, Bogor,
Jawa Barat
Telp. 021-37507808




TERBARU

[X]
×