PELUANG USAHA
Berita
Alhamdulillah, usaha penitipan anak membawa berkah

PELUANG BISNIS PENDIDIKAN ANAK

Alhamdulillah, usaha penitipan anak membawa berkah


Telah dibaca sebanyak 10561 kali
Alhamdulillah, usaha penitipan anak membawa berkah

Indonesia memiliki penduduk muslim terbesar di dunia. Karena itu, usaha dengan konsep islami memiliki pasar yang besar. Selain pendidikan, usaha dengan nuansa islami adalah tempat pendidikan anak. Selain dititipkan, anak juga mendapat pelajaran agama sejak dini.

Konsep pendidikan islami semakin marak di Indonesia. Salah satu yang mengembangkan konsep islami itu adalah tempat penitipan anak. Rumah Cerdas Baby School Moslem dan Khalifah Daycare adalah dua tempat penitipan anak usia di bawah tiga tahun hingga usia sekolah dasar ini menawarkan jasa penitipan bernuasa islami.

Di dua penitipan anak ini, anak-anak tak dibiarkan bebas bermain, namun juga diberi pelajaran ringan mengenai agama Islam.

Catur Mulyono, pemilik Rumah Cerdas Baby School Muslim di Malang, Jawa Timur mengatakan, setiap anak akan mendapatkan pengenalan agama Islam melalui lagu-lagu, belajar huruf arab, mengaji, dan berdoa.

Selain itu, mereka juga belajar menggunakan bahasa positif agar karakter anak lebih baik. "Itu penting membentuk fondasi dalam masa golden age. Selain bahasa Indonesia juga dikenalkan bahasa Inggris," katanya.

Metode pembelajaran yang diterapkan diharapkan mampu menjembatani pendidikan anak dari sekolah dengan pendidikan oleh orang tua di rumah. Selain itu, seminggu dua kali juga diadakan belajar kontekstual dengan mengunjungi tempat-tempat yang punya nilai pengetahuan serta sejarah, seperti museum, tempat pembuatan baju muslim serta perpustakaan.

Untuk fasilitas itu, Rumah Cerdas mematok tarif uang pangkal untuk penitipan bayi dan anak usia 3 bulan hingga 6 tahun sebesar Rp 1 juta dan biaya bulanan sebesar Rp 550.000. Lama penitipan di sini, mulai pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB. Nah, kalau ada orang tua telat menjemput, dikenakan biaya over time sebesar Rp 5.000 per jam untuk member dan Rp 7.000 untuk non-member.

Sedangkan kalau si buah hati selain dititipkan juga disekolahkan, ada tambahan biaya. Uang pangkal untuk baby school usia 3 bulan sampai 2 tahun sebesar Rp 3 juta dan biaya bulanan sebesar Rp 300.000. Adapun untuk anak usia antara 4 tahun sampai 6 tahun, dipungut uang pangkal sebesar Rp 5 juta dan iuran per bulan Rp 300.000 reguler dan Rp 585.000 untuk program full day school.

Saat ini, Rumah Cerdas menampung 17 anak batita, 20 anak program baby school dan 42 anak usia playgroup dan TK. Alhasil, dalam sebulan, omzet Rumah Cerdas menembus Rp 26 juta.

Adapun Khalifah Daycare saat ini telah tersebar di 60 lokasi di Indonesia. Berpusat di Batam, Kepulauan Riau, Khalifah Daycare selain memberikan pendidikan Islami juga menanamkan jiwa kewirausahaan dengan pengenalan kegiatan usaha berupa belajar luar ruang, seperti pembuatan tempe dan tahu.

Tak hanya itu, kebiasaan sopan santun, pola hidup sehat juga diterapkan. "Kami mengenalkan salat, baca iqra, azan serta menghafal Al-Quran," kata Lilis Lesmanawati terwaralaba Khalifah Daycare di Bintaro, Tangerang Selatan sejak Juni 2011.

Tarif penitipan di Khalifaf sebesar Rp 1 juta per bulan dan titip harian sebesar Rp 95.000 untuk usia 1 tahun sampai 8 tahun. Adapun untuk program taman bermain usia 2 tahun sampai 4 tahun, dikenakan uang pangkal Rp 4 juta dan iuran Rp 300.000 per bulan.

Usia taman kanak-kanak antara 4 tahun sampai 5 tahun, dikenakan uang pangkal sebesar Rp 4,5 juta dan uang iuran Rp 400.000 per bulan. Dari usaha ini Lilis sanggup meraup omzet 10 juta per bulan.

Editor: Tri Adi
Telah dibaca sebanyak 10561 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Simak sektor mana saja yang prospektif!

    +

    Sejak awal tahun hingga 22 September 2014, saham-saham sektor perbankan memberikan return terbesar.

    Baca lebih detail..

  • Meramal gerak IHSG setelah rekor

    +

    Analis berbeda pendapat soal prospek kinerja IHSG ke depannya.

    Baca lebih detail..