kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jika tertarik berbisnis jajanan cumi bakar, tengok tawaran kemitraan ini


Minggu, 12 Mei 2019 / 08:00 WIB
Jika tertarik berbisnis jajanan cumi bakar, tengok tawaran kemitraan ini


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usaha cumi bakar tengah tenar dan jadi cuan bisnis baru untuk masyarakat. Fian memanfaatkan momen tersebut untuk menawarkan kemitraan usaha Cumi Goyang.  

Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo mengaku banyak orang menyukai menu olahan cumi. Namun, tidak banyak orang yang dapat mengolah cumi menjadi makanan yang lezat dan bergizi.

Situasi ini dimanfaatkan Fian untuk membuka usaha kuliner Cumi Goyang. Dia hanya menjual satu menu yakni sate cumi kentang mini.

Agar lebih menarik, dia menyediakan tiga varian saus yakni barbecue, pedas manis, dan black paper. "Konsumen dapat menentukan tingkat kepedasan pesanannya," katanya pada KONTAN.

Urusan harga, Fian mematok nya mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 30.000 per porsi.

Kerjasama dengan pemasok

Fian telah menjalin kerjasama dengan pemasok dan nelayan untuk menyuplai cumi segar tiap harinya.

Sedangkan, untuk kebutuhan kentang mini dia memilih membeli langsung dari petani di Wonosobo. Alasannya, dia bisa mendapatkan harga beli kentang lebih murah dibandingkan membeli di pasar.

Lainnya, Fian mulai membuka kemitraan Cumi Goyang sejak Januari 2019. Sekarang, dia sudah mendapatkan tiga mitra usaha di Semarang, Jakarta, dan Cilegon.

Sekedar info, Fian resmi membuka usaha Cumi Goyang pada tahun 2017 lalu. Kini, dia mempunyai dua gerai pribadi yang seluruhnya berada di Semarang.  

Cumi Goyang menawarkan tiga paket kemitraan.

Pertama, paket portable senilai Rp 7,5 juta. Mitra mendapatkan fasilitas booth portable, alat masak, bahan baku awal 30 porsi dan lainnya.

Kedua, paket medium dengan nilai investasi Rp 9,5 juta. Mitra mendapatkan gerobak, bahan baku awal 50 porsi, alat masak, dan lainnya.

Ketiga, Fian menawarkan paket large senilai Rp 12,5 juta. Mitra mendapatkan booth semi kontainer, bahan baku awal 100 porsi, alat masak, dan lainnya.

Fian mewajibkan setiap mitra untuk mengambil bumbu dari pusat. Tujuannya, agar rasa menu Cumi Goreng miliknya tidak berubah.

Berdasarkan hitungan Fian, mitra sudah bisa balik modal dalam waktu dua bulan. Asalkan, mereka bisa menjual sekitar 30-50 porsi Cumi Goyang tiap hari.

Setelah dikurangi seluruh pengeluaran, mitra bisa mengantongi keuntungan lebih dari 50% dari omzet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×