PELUANG USAHA
Berita
Menjajal peluang bisnis spa anak

TAWARAN KEMITRAAN

Menjajal peluang bisnis spa anak


Telah dibaca sebanyak 3240 kali
Menjajal peluang bisnis spa anak

Sama halnya dengan orang dewasa, bayi dan balita juga membutuhkan program perawatan tubuh, seperti spa dan pijat. Hal ini penting untuk mengembalikan kesegaran tubuh si buah hati.

Ini pula yang membuat ceruk bisnis salon dan perawatan anak terus mengembang. Salah satu pemainnya adalah Rina Laurentie yang mengusung brand RH Baby & Mommy Spa Treatment di Tangerang, Banten.

Selain bayi dan balita, RH Baby & Mommy Spa juga menyediakan layanan perawatan bagi ibu. Paket layanannya antara lain hydrotherapy, organic massage, lulur, masker, perawatan rambut, hingga perawatan kuku.

Tarif layanan dibanderol mulai harga Rp 20.000 sampai Rp 1,75 juta. Berdiri Agustus 2011, RH Baby & Mommy Spa resmi menawarkan kemitraan pada Juni 2012. Saat ini, sudah ada lima gerai RH Baby & Mommy Spa di Tangerang, Jakarta, Makassar, dan Kendari, Sulawesi Tengah. Dari lima gerai itu, dua di antaranya milik pusat dan tiga lainnya milik mitra.

RH Baby & Mommy Spa menawarkan kemitraan dengan kategori standar dan premium. "Perbedaannya dari desain layout tempat serta jenis peralatan treatment, sehingga berpengaruh juga pada harga treatment," kata Rina.

Paket kategori standar terbagi menjadi tiga. Pertama, paket salon kids dan spa baby senilai Rp 380 juta. Jasa yang disediakan khusus untuk anak dengan estimasi omzet sebesar Rp 40 juta sebulan.

Kedua, paket spa baby & mommy treatment dengan harga Rp 400 juta. Paket ini sudah termasuk layanan perawatan bagi ibu. Namun, belum termasuk salon bagi balita. Omzet paket ini diharapkan Rp 45 juta per bulan.

Ketiga, paket baby & mommy spa treatment. Paket ini menyediakan seluruh treatment yang dimiliki RH. Harga paket sebesar Rp 450 juta dengan proyeksi omzet sebesar Rp 55 juta per bulan.

Dalam kerjasama ini, mitra mendapat desain dan seluruh peralatan sesuai paket, sistem transaksi RH, dan bahan baku. Pusat juga menyediakan staf yang telah lulus training, dukungan periklanan, dan quality control.

Untuk kategori paket premium, ada tiga pilihan. Pertama, paket salon kids dan spa baby senilai Rp 850 juta, dengan estimasi omzet Rp 80 juta per bulan. Kedua, paket Spa Baby & Mommy Treatment senilai Rp 1 miliar dengan estimasi omzet sebesar Rp 90 juta per bulan.

Terakhir, paket Baby & Mommy Spa Treatment senilai Rp 1,25 miliar dengan estimasi omzet Rp 120 juta per bulan. Fasilitas yang diperoleh sama dengan kategori standar, tapi dekorasi tempat serta peralatan treatment lebih lengkap dengan kualitas lebih baik.

Rina bilang, laba bersih seluruh paket 50% dari omzet. "Diharapkan, seluruh paket bisa balik modal dalam 18 bulan-24 bulan," jelas Rina.

Syarat menjadi mitra adalah menyediakan tempat seluas 270 meter persegi, bisa berbentuk ruko tiga lantai. Semua paket memiliki masa kerjasama tiga tahun.Setelahnya, mitra perlu memperpanjang dengan biaya 20% dari harga paket awal. Setiap bulan, ada royaly fee 5% dari omzet.

Kelebihan RH, menurut Rina, ada pada penyediaan tenaga staf terlatih dari pusat. Dengan begitu, mitra tidak perlu repot lagi mencari staf. "Desain gerai kami juga disesuaikan dengan budget mitra. Karena itu, kami ada banyak pilihan paket," ujarnya.

Pengamat waralaba dari Franchise Technology Consulting, Utomo Njoto menilai, bisnis spa dan salon khusus balita dan ibu gampang-gampang susah. Pasalnya, kebutuhan untuk perawatan bayi dan ibu yang baru melahirkan adalah kebutuhan yang kesekian. "Yang mencari pelayanan ini hanya masyarakat kelas menengah," ujarnya.

Agar bisnis ini maju, Utomo menyarankan agar pelayanan yang diberikan benar-benar spesifik untuk kebutuhan balita. Selain itu, perlu tenaga profesional yang benar-benar menguasai spa khusus balita.

Utomo juga menyarankan, agar RH Baby & Mommy Spa membuka enam gerai milik sendiri, seperti paket-paket yang ditawarkan. "Gerai itu bisa dijadikan contoh bagi calon mitra," ujarnya.          

RH Baby Spa Pusat
Ruko Golden 8 Blok E No 8
Jl. Ki Hajar Dewantara
Summarecon Serpong,
Tangerang, Banten
HP: 082110990089

Sumber: Kontan 29/11/2012
Telah dibaca sebanyak 3240 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Bisnis properti tiarap dulu

    +

    Industri properti menyambut 2014 dengan pesimistis.

    Baca lebih detail..

  • Mobil baru bermunculan kendati pasar stagnan

    +

    Pelemahan ekonomi membuat pasar otomotif tak melaju cepat.

    Baca lebih detail..