kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 ide bisnis saat pandemi yang tak boleh Anda lewatkan


Senin, 20 Juli 2020 / 15:07 WIB
3 ide bisnis saat pandemi yang tak boleh Anda lewatkan
ILUSTRASI. Pelatih fitnes online bisa Anda jadikan ide bisnis saat pandemi. KONTAN/Muradi


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Pandemi virus corona baru menyebabkan banyak sekali perubahan dalam kehidupan manusia. Tapi, tak sedikit yang memulai bisnis saat pandemi.

Salah satu dampak pandemi virus corona adalah banyak yang kehilangan pekerjaan. Jika Anda juga mengalami hal itu, inilah saatnya memulai bisnis saat pandemi.

Bisnis saat pandemi tak hanya Anda lakukan untuk mendapatkan uang, lo. Lebih dari itu, Anda bisa melatih diri untuk tetap bertahan di segala kondisi.

Melansir Hashmicro.com, ada beberapa ide bisnis saat pandemi yang bisa Anda coba:

Baca Juga: Pendaftaran pelatihan UMKM gratis dari Grab buka hari ini, berikut syaratnya

Bisnis kuliner

Imbauan untuk tetap berada di rumah di tengah pandemi harus semua orang patuhi. Nah, semua kegiatan yang beralih ke rumah, seperti bekerja atau sekolah, membuat sebagian orang kewalahan untuk membuat makanan.

Hasmicro.com menyebutkan, peluang tersebut bisa Anda gunakan untuk mulai bisnis saat pandemi di bidang kuliner. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, mulai  menyediakan masakan rumah hingga kue atau minumana ringan.

Online shop

Selain kuliner, bisnis saat pandemi lainnya yang tepat untuk Anda mulai adalah online shop. Ada banyak produk yang bisa Anda jual.

Namun, Hashmicro.com merekomendasikan, agar Anda menjual barang-barang yang banyak orang butuhkan selama pandemi virus corona. Mulai masker hingga obat-obatan dan vitamin.

Baca Juga: Kiat kedai kopi dimasa pandemi andalkan online dan kedai sendiri

Anda tak perlu pusing memikirkan online shop seperti apa yang harus Anda buat. Anda bisa menggunakan berbagai macam marketplace sesuai keinginan. Promosi pun bisa Anda lakukan dengan mudah, menggunakan media sosial.

Menjadi freelancer

Bisnis saat pandemi juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan skill Anda, lo. Jika Anda memiliki kemampuan digital marketing, web design, atau keahlian lainnya, jangan ragu untuk mulai bekerja sebagai freelancer.

Ada banyak situs yang menyediakan berbagai macam proyek sesuai dengan skill Anda. Jadi, hanya perlu mencari proyek mana yang bisa Anda kerjakan dan mendatangkan uang.

Pelatih fitnes

Menjaga kesehatan saat pandemi adalah hal penting yang harus orang lakukan. Hal itu bisa Anda jadikan peluang sebagai bisnis saat pandemi. Anda bisa beralih pekerjaan sebagai pelatih fitnes secara online.

Baca Juga: Dukung UMKM, Gojek beri mitranya akses pinjaman bunga ringan lewat DigiKU

Cara yang Anda perlukan untuk memulai bisnis saat pandemi itu juga tidak sulit. Anda bisa mengunggah beberapa jenis video latihan yang bisa dilakukan di rumah. Jangan lupa untuk promosi Anda juga membuka jasa pelatih fitnes dari rumah, ya.

Online learning

Belajar dari rumah menjadi salah satu kegiatan saat pandemi corona. Ada banyak siswa yang harus melakukan proses belajar-mengajar jarak jauh.

Untuk memenuhi kebutuhan siswa akan pemahaman belajar, Anda bisa mulai bisnis saat pandemi sebagai pengajar daring. Online learning yang Anda sampaikan bisa disesuaikan dengan kemampuan atau bidang yang digeluti.

Tak hanya mengajar siswa, kemampuan juga bisa Anda salurkan melalui online learning kepada para pegawai kantor yang ingin mengembangkan keahlian mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×