kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.935
  • EMAS714.000 1,28%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.13%

Melahap peluang hidangan sosis ala Sosisologi


Sabtu, 15 Juni 2019 / 14:30 WIB

Melahap peluang hidangan sosis ala Sosisologi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sosis kini tidak cuma sekedar menjadi pelengkap bahan makanan saja. Makanan berbasis daging sapi atau juga ayam ini juga bisa menjadi camilan gurih. Dengan ragam tambahan penyedap, bisa keju dan sejenisnya, camilan sosis hingga kini masih disukai banyak orang, terutama anak-anak dan kaum muda.

Potensi inilah yang membuat pebisnis terus mencium aroma sedap dari usaha camilan sosis. Bahkan tak jarang mereka langsung menawarkan kemitraan. Salah satunya Sosisologi, kedai sosis besutan Titi Pratitis Saraswati.


Ia sudah merintis usaha kedai sosis sejak 2012. Lalu beberapa tahun terakhir Titi gencar menawarkan kemitraan usaha. Kini, Titi sudah memiliki delapan gerai. Satu gerai pusat yang berada di Setrasasi Bandung dan sisanya milik mitra. "Gerai mitra tersebar di Margahayu, Padalarang, Cimahi, Arcamanik, Ujung Berung, Jatinangor, dan Cihanjuang," katanya kepada KONTAN.

Titi menawarkan kerjasama kepada para mitra sebagai investor pasif. Artinya, segala urusan pengoperasian Sosisologi menjadi pekerjaan dari pihak pusat dalam hal ini Titi selaku pengelola kedai sosis tersebut.

Ada tiga paket investasi yang ia tawarkan. Pertama, paket silver seharga Rp 250 juta untuk luas kedai minimal 20 m; kedua paket gold senilai Rp 300 juta (minimal luas kedai 50 m); Dan ketiga paket platinum dengan luas kedai minimal 75 m yang dipatok sebesar Rp 350 juta.

Dengan modal terebut, mitra bakal mendapat ragam fasilitas yang terbilang lengkap. Mulai dari presentasi bisnis, survei lokasi, promosi, renovasi, bahan baku, pendampingan bisnis dan lainnya.

Saat beroperasi, kedai Sosisologi bisa menyajikan 25 menu - 50 menu berbasis sosis dengan harga sekitar Rp 10.000–Rp 20.000 per porsi. Dengan kondisi tersebut, Titi menargetkan setiap kedai sosis ini bisa meraup omzet antara Rp 1,5 juta sampai Rp 3 juta per hari, yang setara Rp 45 juta sampai Rp 90 juta per bulan. Setelah dipotong ragam biaya operasional, maka mitra bisa balik modal dalam hitungan kurang dari satu tahun saja.

Dengan simulasi usaha tersebut, Titi optimistis tawaran kemitraan Sosisologi bakal mendapat respon positif. Ia pun menargetkan sampai akhir tahun ini bisa menjaring hingga 24 mitra bisnis lagi. "Kami juga berencana masuk ke pusat belanja," tuturnya.

Bagi Erwin Halim, pengamat waralaba dari Proverb Consulting bisnis kedai sosis hingga kini memang masih menjanjikan cuan. Tapi para pebisnis harus bisa mencari lokasi strategis dan terus memperbaharui trik pemasaran supaya target bisnis yang mereka patok bisa sesuai dengan harapan.

Alamat:

Gateway Tower EB LG 1.03 Jl Ahmad Yani 669 Bandung.


Reporter: Venny Suryanto
Editor: Markus Sumartomjon

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Redaksi | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0445 || diagnostic_web = 0.3853

Close [X]
×