kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menjajaki peluang bisnis aksesori mobil


Jumat, 25 Januari 2013 / 18:40 WIB
ILUSTRASI. Ilustrasi bisnis penyiaran TV digital. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Sumber: Kontan 25/1/2013 | Editor: Havid Vebri

Jumlah mobil yang terus meningkat membawa berkah bagi para penjual produk-produk aksesori mobil. Salah satu pemain bisnis ini adalah Amadeus di Jakarta Barat.

Berdiri sejak 2004, Amadeus fokus menyediakan aksesori mobil, khususnya penjualan dan pemasangan body kit plastik, spoiler, bumper, grille, dan sebagainya.

Guna mengembangkan usahanya, sejak awal tahun 2012 lalu, Amadeus resmi menawarkan kemitraan dengan sistem distributor. Kini telah ada tujuh gerai Amadeus yang seluruhnya dimiliki mitra.

Lokasi mitra tersebar di Makassar, Pontianak, Jambi, Medan, Bandung, Surabaya dan Jawa tengah. "Di satu provinsi hanya boleh ada satu mitra distributor," tutur Irwan Sugianto, Direktur CV Wijaya Kusuma yang memayungi Amadeus.

Untuk menjadi mitra, Amadeus menawarkan paket investasi sebesar Rp 250 juta. Mitra akan mendapat produk awal senilai Rp 250 juta, tiga rak display, seragam karyawan, pelatihan, dan marketing kit, seperti banner dan brosur.

Mitra juga akan diberikan bonus dua kali pameran gratis di mal setempat. Khusus bulan Januari 2013 ini, Amadeus sedang melakukan promo. "Sepuluh mitra pertama kami di Januari ini otomatis mendapat motor," tutur Irwan.

Mitra diminta menyediakan tempat dengan lahan parkir mampu menampung minimal dua mobil. Lahan itu berfungsi sebagai tempat pemasangan body kit dan aksesori lain.

Sementara, luas gerai minimal 50 meter persegi. Irwan menargetkan, mitra bisa memperoleh omzet Rp 60 juta per bulan, dengan laba bersih sekitar 30%. Dengan begitu, mitra bisa kembali modal dalam waktu satu tahun.

Amadeus juga menawarkan sistem keagenan. Mitra bebas mencari agen di wilayahnya. "Kalau ada yang ingin jadi agen tapi di situ sudah ada mitra distributor, saya akan alihkan ke mitra," ujar Irwan.

Namun, jika belum ada mitra di wilayah itu, pendaftaran agen masih langsung ke pusat. Untuk menjadi agen, biaya investasinya sebesar Rp 25 juta. Wilayah kerja agen ini ada di tingkat kabupaten.

Agen ditargetkan bisa memperoleh omzet Rp 25 juta per bulan, dengan laba bersih 15%. dan balik modal kurang dari setahun. Baik mitra maupun agen tidak akan dipungut royalty fee atau iuran lainnya.

Irwan menyebutkan, kelebihan Amadeus adalah body kit yang dipasarkan diproduksi sendiri. Bahannya pun dari plastik yang tidak mudah pecah. "Kami juga selalu update 10 model baru setiap bulan," ujar Irwan. Dengan begitu, mitra dan pembeli tak perlu takut body kit dan aksesori motor ketinggalan zaman.

Salah satu mitra Amadeus, Parlin Sitorus di Tangerang Selatan, menilai pangsa pasar bisnis otomotif, terutama aksesori mobil terbuka lebar. Parlin sudah menjadi mitra Amadeus sejak 2010 sebagai agen, dengan membayar biaya investasi Rp 25 juta.

Dalam waktu tiga bulan, Parlin mengaku sudah balik modal. Kini, rata-rata omzetnya mencapai Rp 70 juta per bulan.
Parlin bilang, pencapaian target omzet tidak terlalu sulit karena harga aksesori mobil pun relatif tinggi. “Harga satu set aksesori minimal Rp 2 juta, jadi omzetnya juga tinggi,” ujarnya.

Untuk sukses di bisnis ini, Parlin mengatakan ada dua hal yang harus diperhatikan, yakni pemahaman produk dan jaringan yang luas.        
 

Amadeus Indonesia
Jln. Tubagus Angke no. 9
Kel. Wijaya kusuma
Jakarta Barat 11460
HP: 0818805805

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×