kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,51   -5,84   -0.63%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menjajal peluang bisnis warung Padang


Rabu, 12 Maret 2014 / 16:54 WIB
Menjajal peluang bisnis warung Padang
ILUSTRASI. Kapitalisasi pasar Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam sepekan bertambah Rp 305,26 triliun menjadi Rp 9.315,21 triliun ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Havid Vebri

Siapa tak kenal masakan Padang? Masakan asal daerah Sumatera Barat ini sangat populer di Indonesia. Gerai masakan yang terkenal dengan menu rendangnya ini bisa ditemukan hampir di seluruh daerah.

Kendati pemainnya sudah berjubel, peluang bisnis warung padang masih menarik. Ini juga yang membuat rumah makan Padang makin menjamur dan terus bertambah.

Salah satu pemainnya adalah Bhakti Alamsyah yang mengusung brand Warung Padang Sejuta Rasa di Bandung, Jawa Barat. Berdiri tahun 2009, rumah makan padang ini resmi menawarkan kemitraan mulai tahun 2013 lalu.

Rumah makan Padang Sejuta Rasa mengusung konsep mini resto dengan desain interior dan tata ruang yang lebih modern. "Kebanyakan rumah makan Padang kan monoton, kalau ini beda, kami buat resto yang menarik," ujar Bhakti.

Soal rasa, ia mempekerjakan juru masak yang benar-benar sudah mengerti masakan Padang. Sampai saat ini memang belum ada yang menjadi mitra. "Tapi sudah beberapa orang yang berminat menjadi mitra," ujar Bhakti.

Warung Padang Sejuta Rasa menyediakan 30 menu pilihan. Diantaranya rendang, gulai ikan mas, ayam pop, sate udang, ikan bakar, sambal ijo dan banyak lagi. Harga tiap menu mulai Rp 12.000 hingga Rp 25.000 per porsi.

Tertarik menjadi mitra Warung Padang Sejuta Rasa? Bhakti menyiapkan dua paket investasi.  Pertama, paket Rp 25 juta. Dengan investasi itu, mitra akan mendapatkan booth, renovasi tempat, full branding, media promosi, training karyawan, serta meja dan kursi sebanyak 10 pasang.

Kedua, paket senilai Rp 50 juta. Fasilitas yang didapat hampir sama dengan paket pertama. Perbedaannya pada luas tempat "Yang Rp 50 juta, bisa mendapatkan sekitar 20 meja dan kursi," katanya.

Lokasi di mal

Untuk lokasi usaha, ia menyarankan mitra memilih tempat di mal. Menurutnya, peluang bisnis rumah makan Padang di mal menjanjikan karena persaingannya tidak begitu ketat.

Ia menjanjikan, mitra bisa mengantongi omzet sekitar Rp 10 juta - Rp 18 juta per bulan. Dengan target laba sekitar 30%. Mitra bisa balik modal dalam waktu 10 bulan. Warung Padang Sejuta Rasa tidak mengutip biaya royalti sepeser pun. Tetapi mitra wajib membeli bahan baku dari pusat, seperti bumbu rendang.

Pengamat waralaba Pietra Sarosa bilang, peluang bisnis kuliner sebenarnya masih menjanjikan. Namun, untuk bisnis warung Padang, pebisnisnya harus punya strategi. Soalnya, kompetitor bisnis ini sangat banyak dan telah punya ciri khas masing-masing. "Harus ada yang ditonjolkan dibanding kompetitornya," kata Pietra.

Pietra bilang, keahlian juru masak harus perhatikan betul. Pusat harus men-training dan memonitor para juru masak ini. "Kalau perlu disediakan dari pusat pemasaknya," saran Pietra. n

Warung Padang Sejuta Rasa                                                                                                                                                                                         Jln. Dr. Setiabudi. No 49                                                                                                                                                                                          Setiabudi, Bandung                                                                                                                                                                                                        Hp. 0878-24588881

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×