kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Menjajal untung dari rasa gurih tahu kriuk


Minggu, 20 Oktober 2019 / 21:19 WIB

Menjajal untung dari rasa gurih tahu kriuk
ILUSTRASI. Tahu kriuk yes. Dokumen instagram Kemitraan Tahu Kriuk Yes

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahu merupakan salah satu makanan populer hingga kini. Dari makanan yang terbuat dari kedelai ini bisa dibuat ragam makanan hingga camilan. Bisa menjadi salah satu menu makanan berat atau bisa juga sebagai camilan.

Khusus makanan ringan, tahu juga menjadi salah satu camilan favorit. Salah satunya dengan cara digoreng. Rasa gurih dan kriuk yang ada di jenis makanan ini membuatnya digemari sebagian orang, baik itu kaum muda atau dewasa.

Peluang inilah dimanfaatkan Surya Wijaya. Pria asal Jakarta ini mendirikan Tahu Kriuk Yes pada pertengahan 2018. Dan tanpa panjang lebar langsung membuka tawaran kemitraan usaha.

Hasilnya pun terbilang positif. Sejauh ini dirinya sudah menggandeng 157 mitra bisnis yang tersebar di sekitar wilayah Jabodetabek dan Bandung.  Sedangkan untuk gerai pribadinya berjumlah enam, gerai yang ada di  Jakarta seperti di Kemayoran, Pasar Baru, Pantai Indah Kapuk, dan Dunia Fantasi Ancol.

Baca Juga: Menakar gurih peluang dari tahu kekinian

Melihat hal tersebut, ia pun optimistis bisnis kemitraan Tahu Kriuk Yes bakal positif.  Apalagi ia menawarkan kemitraan dengan jumlah yang relatif terjangkau yakni sebesar Rp 15 juta saja. Dengan investasi tersebut, mitra akan mendapatkan ragam fasilitas.

Seperti satu gerobak atau booth, peralatan masak, kompor, wajan, saringan,  toples buat bumbu, gelas ukur, literan air, hingga capitan. Selain itu juga ada bahan baku awal tahu untuk 500 buah, rinciannya 250 buah tahu ukuran besar dan sisanya ukuran kecil. Mitra juga masih mendapatkan minyak goreng enam liter, kemasan, hingga roller banner.

Pihak pusat juga akan membantu dari sisi pemasaran dan promosi. Terutama lewat Instagram milik pusat. Di media sosial inilah segala bentuk promosi dan pemasaran dari gerai Tahu Kriuk Yes bakal dioptimalkan.

Baca Juga: Renyah tawaran usaha tahu crispy

Oh, iya, kerjasama kemitraan antara Tahu Kriuk Yes dengan mitra bisnis hanya berlangsung dua tahun saja. Apabila mitra ingin memperpanjang kerjasama, maka bakal dikenakan biaya perpanjangan kerjasama sebesar Rp 3 juta. "Jadi itu untuk franchise fee untuk perpanjangan kerjasama," jelasnya kepada KONTAN belum lama ini (7/10).

Pihak pusat juga mewajibkan mitra mengambil bahan baku dari pusat berupa tahu, bumbu dan kemasan. Selebihnya, mitra bisa membeli di tempat lain.
Saat sudah bergabung, Surya menyarankan supaya mitra juga segera mendaftarkan gerainya ke layanan pesan antar dari Go Food atau Grabfood untuk memperluas jangkauan pasar.

Lewat fasilitas dan sarana tersebut, Surya optimistis, setiap gerai mitra bisa meraup penjualan hingga 30 kotak (isi 10 tahu) per hari dengan harga jual Rp 15.000 per kotak. Bila omzet terjaga, ia yakin mitra bisa balik modal antara enam bulan sampai sembilan bulan. Makanya ia optimistis bisa jaring 200 mitra di akhir tahun ini.           


Reporter: Venny Suryanto
Editor: Markus Sumartomjon


Tag

Close [X]
×