kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Merangkai laba bisnis dari buket makanan ringan


Sabtu, 21 Desember 2019 / 13:10 WIB
Merangkai laba bisnis dari buket makanan ringan

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Era bisnis digital sekarang ini memang membuat orang memiliki ide bisnis online apa saja yang tentu memudahkan dan menguntungkan para konsumen. 

Salah satunya adalah bisnis buket yang dahulu identik dengan bunga, kini berkembang ke produk lain seperti snack yang berisi aneka makanan ringan.
Buket snack menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati oleh pemula yang ingin mengisi waktu luang dan mendapat keuntungan. Buket snack memang menjadi marak karena murah dan berguna. 
Pembeli yang ingin membeli buket snack ini bisa memilih dan berekreasi kepada penjualnya untuk menghias seperti apa yang diinginkan. Buket ini juga cocok sekali diberikan sebagai kado ulang tahun, wisuda, hadiah kenaikan kelas, dan lain sebagainya. 
Salah satu pemain di bisnis ini adalah Susi Setyaningrum, pemilik Fiora.id asal Yogyakarta yang memulai bisnis buket snack sejak tahun 2018. Dia juga mengaku sangat mahir di bidang kerajinan tangan dan bunga sehingga saat itu ia pun langsung berpikir untuk membuat buket bunga dari flanel untuk teman kuliah.
 
Hingga saat itu, ia pun merasa puas dengan hasil kerajinannya, dan berpikirlah untuk menjalani bisnis ini dengan sistem pre-order. Siapa sangka, ternyata bisnis kecil ini mendatangkan animo yang cukup positif. 
 
"Peminat semakin ramai, tapi yang tadinya berniat menekuni bunga flanel, namun ternyata buket snack-lah yang justru ramai diminati pasaran. Jadi saya coba beralih ke pembuatan buket dengan isi snack-snack," jelasnya. 
 
Sejak saat itu, Susi pun mulai menekuni bisnis buket snack pada dua bulan belakangan ini. Ia pun mengatakan bisnis ini cukup banyak permintaannya, bahkan dalam sebulan ia bisa menerima orderan sebanyak 130 pesanan. 
 
Harga buket flanel yang dibanderolnya bervariasi karena ada ukuran yang ditetapkan seperti ukuran S, M, L dan XL. Harganya mulai dari Rp Rp 20.000 untuk buket snack dan Rp 18.000 untuk buket bunga flanel.
 
Buket snack sendiri juga memiliki ukurannya yakni S, M, L, XL, dan Jumbo yang menyesuaikan jenis buket (snack atau flanel atau buket lainnya) dan budget customer juga. 
Pemain lainnya juga datang dari Marican Bouquet Snack asal Jakarta Timur milik Gema Peri yang mulai menggeluti bisnis ini dari hobinya. Ia mengaku baru saja mulai menjalani ini sejak tahun 2018 akhir. 
 
Namun dia tak mau banyak memberikan informasi lebih lanjut karena menurutnya bisnis ini hanya masih kecil-kecilan. 
Bagi yang berminat untuk memberikan kejutan unik bagi orang tersayang, buket snack bisa jadi pilihan.




TERBARU

Close [X]
×