kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Merangkai laba dari kerajinan berbahan kain flanel


Senin, 22 Oktober 2012 / 19:14 WIB
Merangkai laba dari kerajinan berbahan kain flanel
ILUSTRASI. Coba cara-cara ini untuk mencegah kedatangan rayap di rumah kayu Anda. Foto; Rumahku.com


Reporter: Marantina | Editor: Havid Vebri

Kerajinan berbahan baku kain flanel kini semakin menjamur. Dengan sentuhan tangan kreatif, kain flanel bisa diolah menjadi aneka produk kerajinan yang menarik.

Produk kerajinan itu antara lain gantungan kunci, boneka, tempat tisu, sarung ponsel, dompet, tempat pensil, dan pigura foto. Bros penghias jilbab atau baju juga bisa dibuat dari kain flanel.

Salah satu perajin kain flanel adalah Rika Angelina di Malang, Jawa Timur. Dalam sehari, ia bisa memproduksi 100 aneka kreasi dari kain flanel. Jenis kreasinya beragam, tapi kebanyakan aksesori berkarakter hewan dan tokoh kartun.

Rika terjun ke usaha ini sejak 2010 lalu. Awalnya, ia hanya mencoba-coba. "Karena peluangnya bagus, akhirnya saya serius menjalani usaha ini," ujarnya. Kerajinan kain flanel hasil kreasinya, Rika pasarkan secara online.

Menurut dia, respon pasar terhadap produk kerajinannya cukup positif. "Banyak yang tertarik dan pesan," katanya. Kebanyakan, pelanggan Rika adalah toko aksesori.

Biasanya, mereka memesan dalam jumlah banyak untuk dijadikan hiasan jepitan rambut, cincin, kalung, serta bando. "Ada tiga toko aksesori yang pesan ke saya setiap bulan untuk dijadikan hiasan," ujar Rika.

Kreasi kain flanel bikinannya, Rika jual dalam ukuran kecil dan besar. Ukuran kecil dia beri banderol harga Rp 2.500 per buah. Sedang harga untuk ukuran besar
Rp 5.000 per buah. Ia mengungkapkan, yang paling digandrungi pelanggan saat ini adalah kreasi kain flanel berbentuk Angry Birds.

Dalam sebulan, Rika bisa menghabiskan 30 meter kain flanel dengan pelbagai warna untuk dia sulap menjadi aneka kerajinan. Kain ini ia beli di pasar dengan harga
Rp 20.000 per meter. Sementara, omzet yang Rika terima saban bulan cukup lumayan, mencapai Rp 15 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×