kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar kue subuh Senen masih eksis (bagian 1)


Minggu, 10 Februari 2019 / 15:59 WIB
Pasar kue subuh Senen masih eksis (bagian 1)


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar Kue Subuh Senen masih eksis hingga kini. Sentra aneka kue tersebut sudah ada sejak 1988. Aneka peristiwa pun terjadi di pasar tersebut seiring musibah kebakaran yang terjadi pada Pasar Senen di periode 2014 serta 2017.

Musibah kebakaran yang terjadi pada Januari 2017 menimpa Pasar Senen Blok 1 dan 2 memaksa para pedagang kue subuh pindah lokasi. "Kami sempat pindah lokasi di pinggir jalan dan trotoar sepanjang Pasar Senen, " kata Mulyadi, salah satu pedagang kue subuh kepada KONTAN yang sudah berjualan sejak 1996.

Pertengahan 2017, barulah pada pedagang kue itu berpindah tempat ke Blok 3, 4 dan 5. Termasuk dirinya yang kini menempati di Blok 3 Pusat Grosir Senen Jaya. Namun, pasca kebakaran tesebut, ada beberapa pedagang yang tidak lagi berjualan. Mulyadi mengaku tidak mengetahui secara persis alasan ada pedagang kue yang tidak lagi berjualan.

Hal serupa juga dilontarkan Hengki, pedagang kue yang ada di lokasi yang sama. Ia mengatakan bahwa sejak musibah kebakaran, para pedagang kue di Senen mengalami penurunan omzet. Bahkan, lantaran jualan sepi beberapa pedagang memutuskan tidak lagi berjualan di Pasar Kue Subuh Senen.

Semenjak pindah tempat, lahan parkir pengunjung menjadi lebih sempit. Ini menyusahkan bagi para pelanggan, karena mereka harus memarkir agak jauhan dekat Stasiun Senen. "Pelanggan juga bingung karena kami pindah, jadi sekitar dua bulan setelah kami pindah itu sepi," ungkap Hengki.

Selain itu praktik premanisme yang ada di sekitar Pasar Kue Subuh malah semakin parah ketimbang di tempat lama. Para sopir yang mengantar barang dagangan kerap diminta pungutan liar oleh para preman. "Preman sih pasti ada dimana-mana, apalagi Jakarta. Tapi kalau di sini lebih banyak biaya yang keluar untuk duit preman," paparnya.

Hampir setiap malam puluhan truk atau mobil box datang untuk memasok aneka kue ke Pasar Kue Subuh Senen. Luas tempatnya sekitar 1.769 meter persegi (m) dan dipenuhi sekitar 700 meja yang dimiliki oleh puluhan pedagang.

Pasar Kue Subuh Senen menawarkan beragam jajanan pasar dan kue dengan harga yang sangat terjangkau. Hampir seluruh jenis kue-kue basah tersedia di pasar ini. Seperti lemper, kue putu ayu, bolu kukus, kue talam, bika ambon, kue sus, bolen pisang, dadar gulung, bakpao, dan masih banyak aneka kue yang ada.

Harga yang ditawarkan pun ramah di kantong. Mulai dari Rp 800 sampai Rp 3.000 per buah. Ada pula aneka kue bolu, lapis legit, dan kue tart yang dibanderol mulai Rp 25.000 per kotak. Harga tersebut bisa semakin murah, jika kita membeli dalam bentuk grosir.

(Bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×