kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penghasilan dari novel buat warga lereng gunung


Kamis, 27 Maret 2014 / 15:09 WIB
Penghasilan dari novel buat warga lereng gunung
ILUSTRASI. Goddess of Victory: Nikke Resmi Tersedia di Android & iOS, Ini Link Download Resmi


Reporter: Kornelis Pandu Wicaksono | Editor: Havid Vebri

Keluar dari zona nyaman, begitulah yang dilakukan oleh Giharu. Selama 26 tahun bekerja di Jakarta, wanita 40 tahun ini memutuskan untuk pulang kampung dan membangun daerah asalnya di Kelurahan Kowangan, Temanggung, Jawa Tengah.

Padahal, saat itu ia seorang karyawan dengan jabatan cukup bergengsi di sebuah perusahaan. Terakhir ia menjabat sebagai Managing Director PT Lindcom Technology Services.

Di daerah asalnya itu, ia memutuskan menjadi seorang penulis novel. Nah, penghasilan dari menulis novel itu dipakainya buat membantu memberdayakan warga di lereng Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, Kecamatan Kledung, Temanggung.

Antara lain melakukan perbaikan infrastruktur jalan dan pemberdayaan masyarakat melalui usaha kecil dan menengah (UKM) kreatif. Ada juga program pembangunan pertanian berbasis organik.

Selain itu, ia juga fokus membantu memberdayakan usaha percetakan kecil di Yogyakarta. Saat ini sudah tiga novel karya Giharu yang semuanya diterbitkan melalui percetakan kecil.

Sebelumnya, ia mencoba menjajaki kerjasama dengan penerbit besar. "Tapi saya merasa kontrak dan royalti yang saya dapatkan sangat tidak adil," ujarnya. Ia lalu memutuskan menggandeng penerbit kecil di Yogyakarta. "Sampai sekarang novel saya belum tersedia di toko buku,” ucap Giharu.

Ke depan, dia juga ingin menyatukan percetakan-percetakan  kecil itu dalam satu konsorsium. Dengan begitu, mereka bisa lebih kuat menghadapi persaingan usaha dengan percetakan besar. Di konsorsium ini Giharu hanya sebagai inisiator.

Saat ini Giharu telah menyelesaikan novel trilogi yang masing-masing berjudul  Mainan Oracle, Sindoro di Balik Sumbing, dan Rinoa Karo Hope. Ketiga novel itu dijual langsung dalam satu paket. Setiap paket dibanderol seharga Rp 150.000 hingga Rp 280.000.

Sejauh ini penjualan novel trilogi tersebut mencapai 2.000 sampai 3.000 paket. Ia menargetkan, penjualan dalam waktu dekat dapat mencapai 30.000 paket. Menurutnya, bila target itu tercapai, rencana pendirian konsorsium percetakan kecil sudah bisa direalisasikan.

"Saya terus mematangkan rencana ini sambil terus mengegolkan target penjualan buku," ucap Giharu. Untuk mencapai target itu, Giharu gencar menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan.

Antara lain kerjasama dengan PT Djarum, PT Ace Hardware,  PT Kereta Api Indonesia, Pertamina, dan Bank Mandiri. Kerjasama itu dalam bentuk program Donor Buku Sekolah. Saat ini, ia juga tengah penjajakan dengan Bank BCA dalam program Customer Reward.                     

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×