kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45894,52   -1,37   -0.15%
  • EMAS943.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -0.21%
  • RD.CAMPURAN 0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.11%

Selama 41 tahun, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) sudah bina 11.695 UMKM


Jumat, 07 Mei 2021 / 21:16 WIB
Selama 41 tahun, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) sudah bina 11.695 UMKM
Perayaan 41 tahun Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Belum lama ini, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) menginjak usia 41 tahun pada 2 Mei 2021. Diusia tersebut lembaga milik Grup Astra tersebut telah membina sebanyak 11.695 UMKM di Indonesia.

Dari total UMKM yang dibina tersebut secara tak langsung YDBA turut membantu terciptanya lapangan kerja bagi 70.597 tenaga kerja.

"Di usia yang ke-41 tahun kali ini saya mengajak  kita semua untuk terus berinovasi dan berkolaborasi demi menggerakkan kemandirian UMKM Indonesia dan kemajuan bangsa Indonesia,” tutur Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), Sigit P. Kumala dalam perayaan HUT YDBA secara virtual pekan ini.

Selama pandemi Covid-19, Yayasan  Dharma Bhakti Astra tetap melakukan pembinaan terhadap UMKM binaannya melalui pelatihan secara virtual. Tak hanya itu, YDBA juga membantu UMKM binaannya untuk memperluas pasar melalui ranah digital.

Selain inovasi, YDBA juga menjalin kolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk berbagai program pengembangan UMKM, mulai dari pemerintah, Grup Astra, swasta, dan instansi lainnya. Dalam perayaan ini YDBA juga memberikan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah berprestasi dan mendukung program pengembangan UMKM binaan YDBA. Salah satunya ialah apresiasi kepada ayah angkat yang sebanyak 26 ayah angkat.

Baca Juga: Kolaborasi YDBA dengan Tokpas antar UMKM binaannya rambah pasar ekspor

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Victoria Br Simanungkalit menyatakan  selama ini Yayasan Dharma Bhakti Astra terus mendukung dan berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM. Diantaranya ialah pemberian pelatihan, pendampingan, pemanfaatan mentor yang dimiliki YDBA, hingga fasilitasi pemasaran kepada UMKM terutama disektor manufaktur, bengkel, kerajinan dan pertanian.

"Yayasan Dharma Bhakti Astra telah menciptakan ekosistem kewirausahaan yang kondusif bagi pelaku UMKM agar terus tumbuh dan naik kelas, menghasilkan produk yang inovatif dan berkelanjutan sehingga produknya dapat masuk dalam rantai pasok industri dan juga dapat mensubtitusi produk impor yang saat ini masuk ke Indonesia," jelas Victoria.

Kementerian Koperasi dan UKM berharap YDBA tetap membantu dan berkolaborasi bersama untuk membantu menyiapkan produk UMKM termasuk koperasi dengan standar dan kualitas global melalui pelatihan, advokasi, pendampingan dan juga penumbuhan jiwa kewirausahaan kepada pelaku UMKM.

Didirikan pada 2 Mei 1980 oleh pendiri Astra, William Soeryadjaya, YDBA berfokus dalam melakukan pembinaan kepada UMKM di Indonesia. Melalui berbagai program pelatihan, pendampingan, fasilitasi pemasaran, dan fasilitasi pembiayaan, untuk bisa membuat UMKM menjadi mandiri.

Selanjutnya: Mendongkrak panen ikan lele lewat penerapan teknologi tepat guna

 




TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Sukses Presentasi: Presentasi Online Yang Tidak Membosankan Batch 2

[X]
×