kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45702,42   14,31   2.08%
  • EMAS934.000 -1,06%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Sentra boneka Cikampek: Surga berburu aneka boneka lucu (1)


Senin, 07 November 2011 / 16:22 WIB
Sentra boneka Cikampek: Surga berburu aneka boneka lucu (1)

Reporter: Fitri Nur Arifenie | Editor: Tri Adi

Mainan menyerupai orang, hewan atau tokoh kartun yang disebut boneka ini banyak disukai anak-anak hingga orang dewasa. Nah, aneka boneka ini sejatinya banyak yang berasal dari Cikampek, Karawang. Di sana ada ratusan perajin dan puluhan toko boneka.

Boneka berasal dari bahasa Portugis, yaitu boneca yang artinya, mainan yang menyerupai manusia, hewan atau tokoh kartun. Mainan ini termasuk mainan tertua karena sudah ada sejak zaman Yunani, Romawi ataupun Mesir kuno.

Walaupun termasuk mainan lawas, boneka masih banyak digandrungi termasuk di Indonesia. Tidak hanya anak-anak, boneka juga digemari remaja hingga orang dewasa.

Bagi Anda yang gemar boneka, tak ada salahnya berburu boneka di Desa Cikampek Utara, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Di desa itu ada ratusan perajin yang memproduksi aneka boneka.

Lokasi desa ini bisa ditempuh dalam waktu dua jam dari Jakarta via tol Jakarta-Cikampek. Setelah keluar dari gerbang tol Cikopo, lokasi bisa ditempuh dengan waktu 10 menit hingga 15 menit.

Dari gerbang tol Cikopo itu, Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau ojek, meski dengan tarif yang tentu lebih mahal.

Bagi warga setempat, nama sentra boneka Cikampek Utara ini lebih dikenal dengan nama sentra boneka Kampung Baru, karena sentra ini persisnya di Dusun Kampung Baru. Selain ratusan perajin boneka, di sebuah gang di Kampung Baru berjejer sekitar 30 toko boneka.

Berbagai toko itu memajang aneka boneka berbentuk satwa, seperti singa, anjing, kucing, panda, lumba-lumba, dan kura-kura. Selain itu, toko-toko ini juga menjual ada boneka berbentuk tokoh kartun seperti Doraemon, Sinchan, dan yang lain-lain.

Wasno, seorang pedagang boneka bilang, sentra boneka Cikampek Utara itu berdiri sejak 1980-an. Namun baru berkembang pesat sejak 1997. "Awalnya hanya lima kepala keluarga (KK) yang membuat boneka, tapi lama-kelamaan perajinnya tambah banyak," kata pemilik toko boneka Aldi Jaya itu.

Pertama kali produksi boneka, warga Cikampek Utara itu hanya mengandalkan bahan baku dari sisa pabrik garmen. Wasno menjelaskan, ketika itu, harga boneka Cikampek itu lebih miring karena perajin menggunakan bahan baku sisa garmen. Karena itu wajar jika penggemar atau pemilik toko boneka doyan berburu boneka di Cikampek.

Karena harga nan relatif murah, desa ini tak pernah sepi pembeli. Para perajin perlu merekrut banyak tenaga kerja. Hingga awal 1990-an, satu per satu pekerja mulai pandai membuat sendiri boneka dan memisahkan diri dari majikan untuk merintis usaha sendiri.

Lama-kelamaan jumlah perajin itu makin banyak, dari semula lima orang, kini sudah mencapai ratusan perajin. Bahkan, bisa dibilang, seluruh warga Kampung Baru kini berprofesi sebagai perajin boneka. Lihat saja, banyak rumah yang kini disulap menjadi bengkel pembuatan boneka.

Data terakhir menunjukkan, setidaknya ada 50 rumah yang merangkap sebagai "pabrik" boneka. Di setiap pabrik itu, ada lima hingga tujuh pembuat boneka yang bekerja dengan dibantu mesin jahit.

Faishal Ridla, salah satu perajin boneka bilang, boneka hasil produksi perajin itu banyak dibeli pelanggan dari Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Selain itu mereka juga melayani permintaan boneka dari Sumatra, Bali hingga Indonesia Timur. "Saya juga punya pelanggan dari Papua," ujar Faishal yang juga punya toko boneka Fanny Collection.

Walaupun sudah memproduksi boneka sendiri, tapi Faishal mengaku tak bisa melayani pesanan boneka dalam jumlah banyak. Nah, kalau ada pesanan dalam jumlah besar, dia harus membagi pekerjaan itu ke perajin lain.

Soal harga boneka made in Kampung Baru ini juga tak membuat kantong bolong. Harga boneka dipatok mulai harga ribuan hingga puluhan ribu saja. Lihat saja, boneka Spongebob segede bantal harganya cuma Rp 20.000.


(Bersambung)





TERBARU

Close [X]
×