: WIB    —   
indikator  I  

Bekraf dukung Creative Innovation Award 2017

Bekraf dukung Creative Innovation Award 2017

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendukung Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (AMVESINDO) menggelar Creative Innovation Award 2017 untuk pertama kalinya. Acara ini adalah penghargaan untuk para pelaku usaha yang berhasil menjalankan inovasi dan kreativitas melalui pendampingan dari Perusahaan Modal Ventura (PMV) maupun bagi pengusaha rintisan (startup).

Creative Innovation Award 2017 bertema “Inovasi dan Kreativitas: Kunci Sukses dalam Mendapatkan Akses Permodalan”, diselenggarakan di Hotel Borobudur Jakarta (28/11).

Menurut Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) dan Bank Indonesia, setidaknya terdapat 56,64 juta UMKM pada tahun 2015 dan mengalami peningkatan sebesar 3.1% berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UMKM.

Di sisi lain, terdapat kecenderungan daya beli yang menurun di beberapa sektor hal ini merupakan indikasi yang harus diantisipasi oleh pelaku usaha untuk dapat bertahan dan sustainable dengan terus memberikan inovasi kepada konsumen.

Ketua Amvesindo, Jefri R Sirait (Astra Ventura) menginisiasi acara ini sebagai ajang kompetisi inovasi yang berkelanjutan bagi lebih dari 1,5 juta pasangan usaha dan startup untuk terus berprestasi sehingga berhasil meningkatkan kelas (phase) ataupun series mereka.

Sinergi antara Bekraf dan Amvesindo merupakan wujud dukungan dan komitmen instansi pemerintah dan asosiasi untuk terus mendorong pertumbuhan UMKM dan startup agar berinovasi secara kontinu.

“Bekraf mendukung acara ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap kontribusi pelaku usaha ekonomi kreatif UMKM maupun startup. Dengan penghargaan ini diharapkan para pelaku UMKM kreatif serta startup lebih termotivasi mengembangkan bisnis dan menjadi penunjang perekonomian nasional,” ungkap Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo dalam keterangan diterima Kontan.co.id, Selasa (28/11).

Survei khusus ekonomi kreatif oleh BPS tahun 2016 menunjukkan kontribusi ekonomi kreatif tahun 2015 sebesar 7,38% dengan ekspor produk kreatif sebesar US$ 19,36 miliar dan penyerapan tenaga kerja 15,9 juta orang.

Kompetisi ini diikuti oleh pasangan usaha dan startup yang memiliki hasil inovasi terbaik selama dalam masa pembinaan oleh PMV (Modal Ventura) yang telah tergabung menjadi anggota Amvesindo.

Selain itu, Creative Innovation Award 2017 mengundang beberapa juri. Di antaranya Rudy Salahudin (Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian), Arie Munandar (Otoritas Jasa Keuangan), Herwanto Sidiq Prabowo (Bekraf), Agus Wicaksono (Bahana Artha Ventura), Eddi Danusaputro (Mandiri Capital Indonesia), Ubaydilah (Astra Ventura) dan Edward Camdhani (Ideosource).

Creative Innovation Award 2017 melakukan penjurian dalam tiga kategori dan satu kategori khusus. Tiga di antaranya adalah kategori Startup Digital Terbaik, Pasangan Usaha Productive Loan / Financing Terbaik, dan Pasangan Usaha Penyertaan Saham & Obligasi Konversi Terbaik. Akan ada juga kategori khusus untuk PMV atau Venture Capital Technology yang telah mendampingi dan berperan bagi PU/Startup dalam berkreasi dan berinovasi.

 


Reporter Jane Aprilyani
Editor Dessy Rosalina

MODAL VENTURA

Feedback   ↑ x