kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45942,81   -14,01   -1.46%
  • EMAS930.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.12%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Bangga Buatan Indonesia: Koleksi batik Afif Syakur modal kembangkan Apip's Batik


Rabu, 14 April 2021 / 04:21 WIB
Bangga Buatan Indonesia: Koleksi batik Afif Syakur modal kembangkan Apip's Batik
Afif Syakur, pendiri Apip's Batik.

Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - YOGYAKARTA. (Bangga Buatan Indonesia).Nama Afif Syakur tidak lagi asing di blantika pada desainer batik di negeri ini. Apalagi pendiri dan pemilik Apip’s Batik ini adalah salah satu dari generasi keempat perajin batik asal Pekalongan yang sudah berkecimpung di dunia batik sejak kecil.

Ia mendirikan Apip’s Kerajinan Baik atau Apip’s batik pada  tahun 1990. Tidak seperti orang tuanya yang memproduksi batik secara masal, Afif justru memilih usaha batik untuk produk eksklusif dan punya nilai seni.

Langkah ini ia ambil karena kecintaannya terhadap seni batik.

Baca Juga: Bangga Buatan Indonesia: Merangkul petani demi pasokan dan kesejahteraan petani

Saking cintanya, ia juga mempelajari sambil mengoleksi kain batik antik dan kebaya peranakan. Jumlah koleksinya mencapai 3.000 potong yang merupakan batik unggulan hasil karya para pakar batik tempo dulu.

Bangga Buatan Indonesia: Jagoan Lokal Joglo Semar

Koleksi batik tersebut dijadikannya sebagai modal Afif untuk pengembangan Apip’s Batik. Beragam hasil rancangan batik pun banyak terlahir, mulai dari sarung selendang, bahan kemeja, stola, patron dan bahan-bahan yang dikenakan untuk pakaian pria dan wanita.

Perjalanan panjang Afif Syakur di bisnis batik pun menorehkan beragam prestasi. Ia adalah penasihat Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Yogyakarta yang sekarang telah berganti menjadi Indonesia Fashion Chamber (IFC) dan salah satu Ketua Paguyuban Pecinta Batik Indonesia Sekar Jagad serta Pengurus Yayasan Batik Indonesia.        

Jagoan Lokal - Joglo Semar: Liputan Bangga Buatan Indonesia merupakan liputan bersama KONTAN, KOMPAS, Kompas.com dan Kompas TV untuk mendukung kemajuan UMKM Indonesia.

Selanjutnya:

 

 




TERBARU
Kontan Academy
Kiat Pengembangan Produk Baru untuk penetrasi pasar Sukses Presentasi: Membuat Konsep yang Sulit Jadi Mudah Dipahami Batch 3

[X]
×