kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bangga Buatan Indonesia: Rancangan Apip's Batik digemari penggemar kelas atas


Rabu, 14 April 2021 / 04:15 WIB
Bangga Buatan Indonesia: Rancangan Apip's Batik digemari penggemar kelas atas


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - YOGYAKARTA. (Bangga Buatan Indonesia) Salah satu usaha lawas yang tak lekang dengan waktu hingga kini adalah  fesyen batik. Ini berkat keberagaman budaya Indonesia yang membuat setiap usaha dan merek batik yang ada punya ciri dan warna khas tersendiri.

Salah satunya adalah Apip’s batik yang memadukan desain batik Yogyakarta dengan warna Pekalongan. Batik asal Yogyakarta ini tidak diproduksi secara masal sehingga produk Apip’s batik  lebih eksklusif. Inilah yang membedakan Batik Apip’s dengan pakaian ritel atau produk lainnya.

Hendra Kuswara, General Manager Apip’s batik menjelaskan kepada Kontan.co.id, bahwa untuk setiap produk Apip’s batik  yang dijual diklaim tidak ada yang sama. Kecuali produk untuk seragam atau pesanan biasanya sesuai permintaan.

Baca Juga: Bangga Buatan Indonesia: Laju usaha produsen sirop Ramu Padu Nusantara semakin manis

Ini membuat harga Apip’s batik pun menjadi beragam. Misalnya untuk batik berbahan sutera dibanderol Rp 2,5 juta – Rp 45 juta per item, sementara batik berbahan katun antara Rp 250.000 – Rp 1,75 juta per item. Sedangkan untuk seragam batik antara Rp 350.000 – Rp 750.000 per baju.

Bangga Buatan Indonesia Jagoan Lokal Joglo Semar

Tak heran, Apip’s batik menyasar segmen menengah atas. Dahsyatnya, sebagian besar pelanggan Apip’s batik, hingga mencapai 70% berasal dari Jakarta. Sisanya baru dari Yogyakarta sendiri serta Medan.

Inilah yang membuat gerai Apip’s batik yang berjumlah tiga gerai, salah satunya berada di ibukota Jakarta. Selebihnya, dua gerai Apip' batik masih berada di kota Gudeg, Yogyakarta.

Keberadaan gerai tersebut memang menjadi tulang punggung penjualan batik Apip’s. Maklum, pelanggan batik Apip’s biasanya berbelanja langsung di gerai Apip's.

Jagoan Lokal - Joglo Semar: Liputan Bangga Buatan Indonesia merupakan liputan bersama KONTAN, KOMPAS, Kompas.com dan Kompas TV untuk mendukung kemajuan UMKM Indonesia.

Selanjutnya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×