kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peluang bisnis kuliner khas Banyumas


Selasa, 20 November 2012 / 13:41 WIB
ILUSTRASI. Sepeda lipat Element Pikes Gen II Central Java


Sumber: Kontan 20/11/2012 | Editor: Havid Vebri

Pamor bisnis kuliner masih mencorong. Selain makanan modern, bisnis ini juga diramaikan makanan khas daerah. Salah satu pemain yang mengusung makanan khas daerah ini adalah Yanuar Pribadi di Purwokerto, Jawa Tengah.

Sejak tahun 2007, Yanuar memperkenalkan kuliner khas Banyumas lewat brand usaha Luri Resto. Beberapa menu khas Banyumas yang menjadi menu unggulan di Luri Resto adalah sambal tlenjeng dan pindang ayam Banyumas.

Menu lain adalah ayam penyet, ayam kampung kremes, sop ayam jamur, dan sop iga. Selain itu, ada juga makanan olahan seafood. Di kawasan Banyumas, standar harga menu mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 16.000 per porsi. Di Jakarta dan sekitar tentu bisa lebih tinggi lagi.

Usaha kuliner yang berada di bawah naungan Dua Lumbung Group ini mulai menawarkan waralaba pada Mei 2012. Saat ini, Luri Resto sudah memiliki tujuh gerai. Sebanyak enam di antaranya gerai milik mitra. "Seluruh gerai kami masih di kawasan Banyumas," kata Yanuar.

Dalam kemitraan ini, Luri Resto menawarkan paket investasi sebesar Rp 150 juta. Mitra akan mendapatkan fasilitas renovasi tempat dan setting dapur, kitchen set, serta seluruh perlengkapan restoran hingga siap buka.

Selain itu, ada juga fasilitas bahan baku awal, perekrutan, dan pelatihan karyawan hingga soft launching. "Mitra tinggal menyediakan tempat 100 meter persegi," tutur Yanuar.

Yanuar menjanjikan, mitra usahanya bisa memperoleh omzet mulai Rp 70 juta hingga Rp 90 juta per bulan. Adapun laba bersihnya 20% dari omzet. Setelah dipungut royalty fee 5%, mitra bisa balik modal hingga 12 bulan.

Yanuar mengklaim, kendati menu yang diangkat khas Banyumas, rasanya sudah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia pada umumnya. Mengenai standardisasi rasa, calon mitra tak perlu khawatir.Soalnya, Luri Resto telah meracik sendiri seluruh bumbu yang dibutuhkan.

Ketua Dewan Pengarah Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali), Amir Karamoy mengatakan, bisnis kuliner selalu memiliki prospek yang bagus asalkan rasanya enak.

Selama, menu yang disajikan Luri Resto bisa diterima lidah masyarakat, bukan hanya warga asli Banyumas, besar kemungkinan usaha resto ini bakal sukses.

Amir sendiri mengapresiasi Luri Resto karena bisa menggali kekayaan kuliner nusantara dan mengembangkannya sebagai bisnis, bahkan sampai menawarkan kemitraan.

Menurutnya, Luri Resto harus terus fokus menjaga dan meningkatkan kualitas cita rasa makanan. Bila rasanya enak dan bisa diterima masyarakat luas, mitra yang tertarik mendirikan gerai di luar Jawa Tengah tentu akan berdatangan.

Luri Resto                                                                                                                                                                            Jl Sunan Kalijaga No. 26    
RT 005, RW 001, Berkoh,                                                                                                                                                    Purwokerto Selatan                                                                                                                                                            HP: 087839118278t

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×