kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.398.000   2.000   0,08%
  • USD/IDR 16.726   -19,00   -0,11%
  • IDX 8.370   -1,56   -0,02%
  • KOMPAS100 1.159   1,71   0,15%
  • LQ45 844   2,78   0,33%
  • ISSI 293   0,51   0,17%
  • IDX30 443   1,88   0,43%
  • IDXHIDIV20 509   1,38   0,27%
  • IDX80 131   0,22   0,17%
  • IDXV30 136   -1,02   -0,74%
  • IDXQ30 140   0,57   0,41%

Cuan dari Suvenir Motif Tradisional


Sabtu, 15 November 2025 / 07:10 WIB
Cuan dari Suvenir Motif Tradisional
ILUSTRASI. Produk tas La Suntu Tastio di IKEA Alam Sutera, Tangerang. Dok. IKEA Indonesia Di File KONTAN/Panji Indra


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dari sebuah rumah produksi di Depok, Jawa Barat, langkah La Suntu Tastio telah menjejak jauh selama hampir 15 tahun terakhir.

Usaha yang berdiri pada 18 Desember 2010 kini menjadi salah satu industri kecil dan menengah (IKM) kriya yang konsisten mengangkat tenun, batik dan kulit lokal menjadi produk tas dan suvenir bernilai tinggi.

Indari Umiyasih, pendiri sekaligus pemilik La Suntu Tastio, memulai usahanya dengan satu gagasan sederhana: memastikan wastra Nusantara tak hanya lestari dalam budaya, tetapi juga hidup dalam keseharian para penggunanya.

"La Suntu Tastio juga memiliki misi untuk meningkatkan kualitas taraf hidup para pengrajin di seluruh daerah di Nusantara, serta mempertahankan dan melestarikan budaya Indonesia," kata Indari kepada KONTAN, belum lama ini.

Baca Juga: Menjaring Fulus dari Produk Sepatu Handmade

Bahan baku La Suntu Tastio didapat langsung dari para pengrajin tenun dan batik dari berbagai wilayah di Indonesia.

Dari kain tradisional itulah lahir tas tangan, dompet, hingga beragam suvenir yang dipasarkan melalui bazar, pameran dan kanal daring. Tak heran jika dirinya juga mendapatkan pesanan dari beragam hingga instansi pemerintah.

Di tengah dinamika tren mode, La Suntu Tastio memilih beradaptasi tanpa meninggalkan akar. La Suntu Tastio melakukan pembaruan motif, palet warna dan bentuk tas. Semua proses dijalankan dengan quality control ketat, terutama pada bagian jahitan, detail serta pemilihan material kulit dan kain.

Baca Juga: Hambatan Awal Usaha yang Justru Jadi Fulus

Dari layanan custom inilah berbagai produk suvenir korporasi lahir. Mulai dari tote bag lipat bertema Wonderful Indonesia, tas bayi untuk ibu baru di Kemang Medical Centre, tas selempang Pertamina, hingga organizer untuk Bank BNI. 

Kini, daftar klien La Suntu Tastio kian panjang. Perusahaan telah memproduksi pesanan untuk Pertamina, Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, BNI, Astra, CIMB Niaga, AIA hingga Pemerintah Kota Depok. Tak sedikit pula pelanggan rumah sakit, lembaga pelatihan maupun komunitas UMKM.

Baca Juga: Permen Jahe yang Tembus Pasar Global

Rekam jejak Indari dalam dunia UMKM menambah bobot kredibilitas usahanya. Selain memimpin La Suntu Tastio, ia juga menjabat Direktur PT Lasuntu Harapan Utama sejak 2022.

Sertifikasi kompetensi ritel dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), pelatihan ekspor–impor dari Kemendag hingga penghargaan sebagai salah satu peserta terbaik program We Learn UN Women menjadi catatan penting dalam perjalanan profesionalnya.

Indari juga aktif berbagi pengetahuan sebagai kurator produk UMKM di Depok, Jakarta, serta berbagai komunitas binaan.

Untuk tetap mempertahakan bisnisnya, dirinya terus menjalin kerja sama dengan pembuat kain tradisional dari berbagai sentra tenun dan batik di Nusantara.

Langkah ini penting ia lakukan lantaran dirinya ingin  memperkuat pasar digital La Suntu Tastio serta perluasan lini produk agar lebih relevan bagi pasar kaum muda.

Selanjutnya: OPPO Find X9 vs Samsung Galaxy S25: Adu Performa, Layar, Kamera, dan Baterai

Menarik Dibaca: 7 Drakor Office Romance Terbaru dan Paling Romantis, Ada Dynamite Kiss

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×